[Ubuntu] Hal-Hal yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal (Bagian 1 - Multimedia)

Bagi teman-teman yang baru selesai menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal baik upgrade maupun fresh install ada baiknya membaca artikel Ubuntu berikut ini agar tahu apa yang seharusnya dilakukan setelah menginstal Ubuntu Natty. Tujuan dari artikel ini adalah membuat Ubuntu semakin nyaman, aman dan tentu saja mudah digunakan.


Memilih mirror dan mengaktifkan repository penting
Mirror merupakan hal yang cukup penting bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan dalam koneksi Internet (seperti saya). Memilih mirror yang ideal akan semakin menambah kenyamanan kita dalam menggunakan Ubuntu, sistem yang senantiasa up-to-date dengan kecepatan download yang tidak mengecewakan. Untuk panduan memilih mirror yang ideal silakan baca artikel saya yang satu ini.

Dalam repository penting (biasanya tidak diaktifkan secara default) tersebut terdapat paket-paket aplikasi yang sangat berguna seperti codec untuk memutar file mp3, plugin Flash, dan lain-lain. Berikut cara mengaktifkannya:
Tekan ALT+F2, pada isian ketik "software-properties-gtk" (tanda tanda petik), kalian akan dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini:


Sebagaimana yang tampak pada gambar di atas, beri centang pada bagian "Canonical Partners" dan "Independent". Jangan lupa untuk menekan tombol "Close" dan jika ada peringatan klik "Reload".

Melakukan pengecekan update
Untuk selanjutnya, ada baiknya kalian melakukan pengecekan update untuk meyakinkan bahwa kalian sudah mendapatkan Ubuntu yang paling up-to-date hari ini. Ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Instal codec untuk memutar MP3, WMV, dan plugin Flash
Pastikan kalian sudah mengaktifkan repository penting sesuai dengan petunjuk di atas. Jika sudah, ketik perintah berikut di Terminal untuk menginstal codec dan plugin Flash:
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras flashplugin-installer

Menambahkan repository Medibuntu
Repository Medibuntu berisi aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dimasukkan ke dalam repository utama Ubuntu karena masalah hak cipta, lisensi, atau semisalnya. Dengan menambahkan repository Medibuntu kita bisa mendapatkan aplikasi multimedia yang berfitur penuh. Untuk panduan menambahkan repository Medibuntu di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal silakan klik di sini.

Menginstal codec untuk memutar DVD
Jika kalian sudah menambahkan repository Medibuntu, ketik perintah berikut untuk menginstal codec untuk memutar DVD:
sudo apt-get install libdvdcss2
sudo /usr/share/doc/libdvdread4/./install-css.sh

Bonus: Menginstal VLC Media Player


VLC Media Player merupakan aplikasi pemutar video favorit saya, VLC dapat kalian instal dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install vlc

Berlanjut ke bagian kedua.

4 comments :

amorta2 mengatakan...

mas saya coba install netbeans 6.9.1 kok ada warning "no compatible JDK was found" padahal semua syarat untk install netbeans sudah ter install sprti : java ,etc...

kalo di maverick lancar. ada ptnjuk lain ??

Damar Riyadi mengatakan...

@amorta2: http://forums.netbeans.org/topic557.html

Anonim mengatakan...

kalo untuk muter video yg formatnya .DAT gimana mas???

Damar Riyadi mengatakan...

@Anonim: Pake VLC kayaknya bisa gan, silakan dicoba ...

Posting Komentar