Free Download Manager : Aplikasi Download Manager Terbaik untuk Windows

Halo semua, lama saya tidak melakukan posting di tahutek.net. Dahulu saya sering melakukan posting dengan OS Ubuntu, sekarang saya akan bertindak beda, yaitu dengan OS Windows 7. Perlu diingat saya menggunakan SOFTWARE ORGINAL, menggunakan OS Windows 7 Home Basic, yaitu bawaan dari pembelian Notebook saya sendiri.

Hari ini saya akan membahas mengenai FDM atau Free Download Manager. Anda sudah sering disuguhi dengan aplikasi downloader yang lain, tetapi kali ini saya yakin ulasan saya lebih lengkap daripada om Damar sendiri.

FDM adalah sebuah aplikasi OpenSource (Tentunya, karena memang tahutek tim selalu membahas yang berhubungan dengan OSS - OpenSource Software), yang berguna untuk melakukan download file seperti IDM, tetapi FDM bersifat free! Ya free seumur hidup! Selain dapat mendownload file, FDM support download file torrent, menjadi nilai lebih bagi sebuah aplikasi downloader. FDM sendiri menyediakan support dari komunitas mengenai file yang kita download, apakah file itu aman, komentar dan bisa melakukan mirror searching secara otomatis bagi file yang sedang didownload. FDM tersedia dalam banyak bahasa, bisa dilihat langsung di websitenya http://freedownloadmanager.org/

FDM dikembangakan oleh programer Spanyol dan akhirnya mendunia, dirilis dibawah lisensi GNU GPL. Versi paling stabil sekarang adalah 3.9.3

Mari kita lihat antar muka dari FDM.

Bisa kita lihat bahwa semua data yang kita download langsung dapat dikatagorikan. FDM juga memiliki banyak fitur lain yang dapat dijelaskan satu per satu.

1. Support Bit Torrent!
    Ya tidak ada sebuah download manager yang seindah ini (menurut saya) karena biasanya download manager hanya mendukung task download biasa dan tidak lebih dari itu. Berbeda dengan FDM, dia juga mendukung protocol Bit Torrent!
2. Remote Control
     FDM Juga bisa diakses lewat gadget apa saja dan dimana saja selama ada internet pada gadget itu serta web browser. Anda bisa melakukan managing pada download FDM, menambahkan, mengurangi dan lain sebagainya.
3. Support Berbagai Bahasa
4. Bisa melihat isi zip sebelum didownload
     FDM bisa melihat isi file zip sebelum anda melakukan download, untuk mencegah anda mendownload file yang salah.
5. Dapat melakukan download disupport dengan berbagai file mirror
6. Memiliki HTML Spider
7. Memiliki opsi dalam menentukan kecepatan download
8. Dapat melakukan download sesuai dengan jadwal.
     Tidak semua downloader support fitur ini, dimana dapat mendownload file yang diingankan pada saat yang ditentukan. Bagi pada midnighter yang ingin tobat, FDM sangat berguna untuk anda (Terbukti ampuh untuk saya, karena saya menggunakan operator oranye yang memiliki paket murah dimalam hari, biasanya tidak tidur, tunggu jam 12 untuk download, sekarang tidak).
9. Dapat membuat versi portable dan bisa dibawa kemana saja.

10. Support melakukan konversi file audio atau video.
11. Support semua browser, terutama Seamonkey, Google Chrome, Firefox dan Safari.
12. Bersih dari iklan.

Bisa dilihat, sangat banyak sekali fitur yang kita dapatkan dari OSS, bukankah itu menyenangkan? Daripada membajak IDM atau download manager yang lain? Lebih baik beralih kepada FDM, menyediakan banyak fitur, bersih dan ringan. Perlu diingat, instalasinya hanya 7 mb untuk full version (Termasuk Audio/Video converter), 3 mb untuk lite version (Tidak termasuk banyak plugin).

Untuk melakukan download, bisa menuju ke http://freedownloadmanager.org/download.htm atau langsung directly klik disini

Untuk pengguna linux dan family, jangan kawatir, bisa menggunakan WINE untuk installnya. Selamat mencoba dan menikmati :)
Sekian dari saya, Benyamin Limanto melaporkan. (Pergi mencari om Damar....)

Jangan lupa share artikel ini dan juga beritahukan tahutek kepada teman-teman anda agar mereka juga bisa mendapatkan update terbaru dari dunia OpenSource! Salam dari dunia OSS - OpenSource Software!

10 comments :

Om Betmen mengatakan...

udah lama ga berkunjung ke tahutek.. ko sepi ya sekarang mah..

Damar Riyadi mengatakan...

Sori gan, penulisnya lagi pada sibuk. Barusan saya sudah bikin postingan lagi :D

http://www.tahutek.net/2014/02/screenshot-halaman-web-terminal-linux.html

Benyamin Limanto mengatakan...

Noh baru muncul...

Damar Riyadi mengatakan...

Yoi gan :D

Benyamin Limanto mengatakan...

Oi, link gua yang di profile blog belum lu betulin bro....

Damar Riyadi mengatakan...

Yang mana gan? Santai aja, yang sopan kalau bisa

Benyamin Limanto mengatakan...

Oh kagak jadi.. hehee

Damar Riyadi mengatakan...

Sip gan

Heru Andarmoyo mengatakan...

cara pakai schedulenya itu gimna ya mas? tentukan jamnya gitu misalnya

Guest mengatakan...

kembali salam

Poskan Komentar