[Ubuntu] Tips: Memilih Mirror Repository Ubuntu yang Ideal

Ubuntu merupakan sistem operasi yang sangat dinamis, terutama yang berkaitan dengan update aplikasi-aplikasi yang terinstal. Kita dapat dengan mudah meng-update sistem kita hanya dengan mengetik dua baris perintah di Terminal yaitu "sudo apt-get update" dan "sudo apt-get upgrade". Menurut pengalaman pribadi, saya terbiasa menggunakan server utama Ubuntu sebagai server repository tetapi sialnya karena kuota Speedy saya yang sudah habis kecepatan dowload dari server utama Ubuntu menjadi sangat lambat. Setelah berpikir dan mondar-mandir kesana kemari :p saya menemukan solusi agar kecepatan download dari repository kembali ke kecepatan semula (sampai 300 KB/s) yaitu dengan mencari mirror lokal (Indonesia dan sekitarnya) sebagai server repository. Bagaimana memilih mirror yang ideal?? Silakan ikuti petunjuk berikut.


Mirror yang cepat v.s. mirror yang baik
Mirror yang cepat diukur dari kecepatan download ketika menginstal aplikasi. Untuk dapat memilih mirror yang cepat kalian dapat menggunakan aplikasi "Software Sources" yang biasanya sudah terinstal secara default di Ubuntu. Berikut cara memilih mirror yang cepat:
Buka Terminal dan ketik:
sudo software-properties-gtk
Pada tab "Ubuntu Software" klik pada drop-down yang bertuliskan "Download from" lalu pilih "Other ...".


Pada jendela yang muncul klik "Select Best Server".


Aplikasi akan secara otomatis menjalankan tes untuk mencari mirror yang paling cepat. Ketika tes sudah selesai, kalian langsung dipilihkan mirror tercepat yang "lolos" tes.

Mirror yang baik
Maksud dari mirror yang baik adalah konten atau aplikasi-aplikasi yang ada pada mirror tersebut selalu up-to-date dengan server repository utama Ubuntu. Perlu diketahui, mirror yang cepat belum tentu mirror yang baik. Berikut tips bagaimana memilih mirror yang up-to-date dengan server utama Ubuntu.

Buka situs: https://launchpad.net/ubuntu/+archivemirrors, kalian akan mendapatkan mirrors yang terdaftar di Ubuntu. Yang perlu kalian perhatikan adalah tulisan "up to date", "one hour behind", "one day behind" dan semisalnya.


Status "up to date", "one hour behind" dan semisalnya merupakan indikator kapan terakhir kali mirror tersebut melakukan sinkronisasi dengan server utama Ubuntu. Tentu saja yang paling baik adalah status "up to date".

Mirror yang ideal
Mirror yang ideal tentu saja perpaduan antara mirror yang cepat dan mirror yang baik. Lakukan pencarian mirror yang cepat dengan "Software Sources"  kemudian lihat statusnya pada situs di atas apakah "up to date" atau paling tidak "one day behind". Nah, saya pribadi menggunakan mirror dari "University of Indonesia" alias UI yang lumayan cepat dan memiliki status "one day behind" untuk Ubuntu 11.04 Natty Narwhal (mirror UI melakukan sinkronisasi paling tidak sekali dalam sehari). Untuk selanjutnya, silakan cari sendiri mirror yang nyaman untuk kalian.

Semoga bermanfaat.

14 comments :

Aden mengatakan...

Mantab dab....! Selama ini ane pakai kambing aja. Ntar ane test deh..... :)

dhimas.wong mengatakan...

miror indonesia gak ada yg up-to-date.. :(

sandi fajar rodiyansyah mengatakan...

weww... makasih gan ilmunya...
kereun...

hok00age mengatakan...

@sandi: Sama-sama gan, semoga bermanfaat ...

Anonim mengatakan...

kok malah muncul pesan :"you need to be root to run this program"
gimana ini?
mohon pencerahannya

hok00age mengatakan...

@Anonim: Artikel sudah diperbaiki, terima kasih atas laporannya.
Perintah yang seharusnya dijalankan adalah:

sudo software-properties-gtk

Mas Londho mengatakan...

Kebo uptudate gan :D, btw teryata ada aplikasi yang gak di perolehkan di instal gan, padahal itu penting banget,, ane mau instal driver printer Brother DCP-145C gak bisa, terpaksa downgrade ke natty lagi :( komentarnya seperti ini (Only install this file if the origin)

Anonim mengatakan...

thank brow woyo linux

Anonim mengatakan...

makasih atas infonya........sangat2 bermanfaat buat pemula linux sprti sy nih....

Anonim mengatakan...

ini lagi ngetes bos
tapi defaultnya udah dari server indo kan?

Anonim mengatakan...

ane pake dl2.foss-id.web.id up to date ga tuh gan?

Dimazsetiyadi mengatakan...

salam kenal gan saya mau tanya mirror yang baik buat ubuntu 11.10 oneiric ocelot itu mirror  apa

Damar Riyadi mengatakan...

Berdasarkan pengalaman mirror kambing UI cukup baik gan (cepat dan up-to-date)

mazzempong mengatakan...

mau nanya lagi Gan,sekarang saya pake linux mint 12 lisa.Untuk pemilihan mirror yang baik yang apa ya gan.?

Poskan Komentar