[Ubuntu] Percantik Tampilan Boot Loader dengan BURG

Jika teman-teman mempunyai dua sistem operasi atau lebih di komputer, pasti sudah mengenal GRUB. GRUB adalah boot loader yang memudahkan kita memilih sistem operasi mana yang akan kita gunakan ketika menyalakan komputer. Namun, adakalanya kita bosan dengan tampilan GRUB yang begitu-begitu saja. Nah, jika kalian mulai bosan, tak ada salahnya mencoba aplikasi yang satu ini, BURG.

BURG adalah singkatan dari Brand-new Universal loadeR from GRUB. Dikembangkan dari GRUB yang sudah ada, dan menambahkan berbagai fitur baru dan menu yang mudah dikonfigurasi. Kelebihan yang paling dirasakan oleh para pengguna Ubuntu adalah tampilan menunya yang sangat bagus dan mendukung tema. Jadi, kita bisa dengan mudah mengganti tampilan dari BURG.


Sebagai boot loader baru, BURG sudah banyak memiliki penggemar. Bahkan sekarang sudah ada PPA untuk BURG. Jadi, kita dapat dengan mudah menginstalnya di Ubuntu kita. Untuk instal di Ubuntu Lucid ketik perintah ini di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg
Kemudian ketik perintah di bawah ini untuk menginstal BURG:
sudo apt-get update
sudo apt-get install burg
Pada waktu instalasi, BURG akan otomatis akan menulis boot loader baru di MBR. Namun, jika teman-teman melewati langkah ini, kalian bisa melakukannya dengan ketik:
sudo burg-install "(hd0)"

Sedangkan bagi teman-teman yang tidak memiliki koneksi Internet langsung, bisa download secara manual BURG dan dependencies-nya secara manual di bawah ini:







Setelah semua file selesai di-download, baca artikel ini untuk membuat repository lokal di komputer kalian.

Untuk screenshot yang lain dari BURG bisa klik di sini.

Selamat mencoba.

4 comments :

begitoo mengatakan...

keren keren
coba dulu ah
:ngacir:

lucid mengatakan...

mantap gan, tak coba dlu

hok00age mengatakan...

@begitoo dan lucid: Silakan ... Jangan lupa tulis feedback kisanak di sini ...

Anonim mengatakan...

bro..di ubuntu 10.10 gw kok malah error...

Poskan Komentar