[Ubuntu] Cara Mengetahui Dependencies Suatu Paket Aplikasi

Pada postingan-postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang cara download manual dari PPA, repository resmi Ubuntu, dan bahkan sudah membahas tentang cara membuat repository lokal. Jujur saja, sebenarnya trik-trik di atas masih ada kelemahan yaitu kita tidak bisa secara otomatis men-download dependencies dari suatu paket aplikasi. Sebagai contoh, ketika kita download paket aplikasi The GIMP dari PPA, ternyata ada beberapa dependencies yang belum kita download, terpaksa kita bolak-balik-bolak ke warnet atau ke kampus untuk download dependencies yang dimaksud. Nah, untuk sekedar mengurangi kesulitan yang dihadapi, saya mau berbagi info kepada teman-teman tentang cara mengetahui dependencies suatu paket aplikasi. Silakan menyimak.


Pertama-tama download dulu paket aplikasi yang ingin diinstal. Dalam contoh ini saya menggunakan "mintbackup", lalu ketikkan perintah ini di Terminal:
dpkg-deb -I mintbackup_2.0.6-1~webupd8~lucid_all.deb
Akan muncul pesan seperti gambar di atas.

Lalu apakah kita harus men-download semua dependencies di atas? Jawabannya tidak, karena sebagian dari dependencies yang disebutkan sebenarnya sudah terdapat di instalasi default Ubuntu di komputer kita. Cara untuk mengetahui suatu paket aplikasi sudah terinstal atau belum adalah sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
dpkg -l nama_paket
Sebagai contoh, saya menggunakan "Python" sebagai "nama_paket":
dpkg -l python
Maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini:


Perhatikan gambar di atas (klik untuk memperbesar). Terdapat tulisan "ii", itu menandakan bahwa paket aplikasi "Python" sudah terdapat di Ubuntu kita. Jadi, kita tidak perlu men-download "Python". Nah, ulangi langkah di atas untuk mencari tahu dependencies yang lain, apakah sudah terinstal atau belum.

Sedangkan jika suatu paket aplikasi belum terinstal, maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas terdapat tulisan "un" berarti paket "mint-common" belum terinstal. Jadi, kalian harus men-download paket aplikasi "mint-common" agar bisa menginstal "mintbackup". Nah, jika semua sudah kalian cek, buat daftar dependencies di secarik kertas atau semisalnya, dan balik lagi ke warnet atau ke kampus untuk men-download.

Dengan ditulisnya artikel ini semoga bisa memperingan masalah pengguna Ubuntu yang tidak mempunyai koneksi internet langsung. Dan mulai sekarang postingan tentang Ubuntu di TahuTEK.net yang menyangkut tentang download paket aplikasi, akan disertakan pula dependencies yang harus diinstal.

Semoga membantu.

4 comments :

Kalibagor.com mengatakan...

Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat....

hok00age mengatakan...

@kalibagor: ok sama2......

keep mengatakan...

ijin ngutip gan....

anu mengatakan...

itu kalo dependencies nya pas di install via software center ko broken cache ya itu kenpa ya kira"

Poskan Komentar