[Ubuntu] Download Paket Aplikasi di Repository Resmi Ubuntu Secara Manual

Pada postingan sebelumnya, kita sudah mengulas bagaimana men-download paket aplikasi dari Ubuntu PPA secara manual. Ubuntu PPA adalah tempat yang bagus untuk men-download aplikasi-aplikasi terbaru untuk Ubuntu kesayangan kita. Namun, tidak semua aplikasi terdapat di situ. Ada aplikasi-aplikasi penting (baca: core) dari sistem tidak terdapat di Ubuntu, misalnya paket kernel dan lain-lain. Nah, sekarang saya akan memberikan info kepada teman-teman bagaimana cara download paket aplikasi secara manual dari repository resmi Ubuntu.


Pertama-tama, buka web browser dan masukkan alamat http://packages.ubuntu.com/ di address bar. Cari bagian yang bertuliskan "Search".


Pada isian "Keyword" masukkan nama paket aplikasi yang ingin dicari, dan pada "Distribution" pilih yang teman-teman inginkan. Pada contoh ini saya mengetikkan keyword "WinFF" dan memilih distribusi "Lucid".


Klik pada link "lucid" (perhatikan gambar di atas). Maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini:


Cermati gambar di atas (klik untuk memperbesar). Perhatikan dependencies yang harus terpenuhi untuk dapat menginstal WinFF. Artinya jika kita belum menginstal dependencies tersebut, kita juga harus men-download aplikasi tersebut selain men-download WinFF. Kemudian pada "Download WinFF" klik pada "i386" atau "amd64", sesuaikan dengan keadaan komputer kalian. Jika ragu-ragu klik saja "i386". Muncul halaman seperti gambar di bawah ini:


Pilih salah dari beberapa mirror di atas. Disarankan untuk memilih mirror yang dekat dengan lokasi tempat kalian berada. Jika ada jendela muncul klik "Save" dan tunggu sampai proses download selesai. Ulangi langkah-langkah di atas untuk men-download semua dependencies yang harus terpenuhi.

Nah, jika semua file sudah di-download, pindahkan ke flash-disk dan bawa pulang, lalu pasang deh di Ubuntu kalian dengan cara klik ganda pada file yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

4 comments :

Anonim mengatakan...

nice..:) tapi ter-update gak tu bro..

hok00age mengatakan...

@Anonim: Kalo download dari situs resmi semacam ini bakalan terupdate gan ...

Muhammad Fauzi mengatakan...

saya mau download packages, tapi bingung yang mana saja yang harus saya download, karena saya boleh dibilang anak kemarin sore yang baru nyoba ubuntu, ada ga supaya kita download secara gelondongan?

hok00age mengatakan...

@Muhammad Fauzi: Silakan gunakan apt-web:
http://www.tahutek.net/2010/12/cool-site-apt-web-cari-tahu-dependency.html

Poskan Komentar