[Ubuntu] Download Paket Aplikasi di Ubuntu PPA Secara Manual

PPA (Personal Package Archives) adalah kumpulan paket aplikasi untuk Ubuntu yang dikembangkan secara personal oleh individu tertentu dan kemudian diterbitkan menjadi sebuah repository oleh Launchpad.net. Dengan adanya PPA kita tidak hanya bergantung pada repository resmi Ubuntu saja. PPA memungkinkan kita untuk selalu up-to-date dengan versi terakhir bahkan versi beta dari suatu aplikasi. Dan pada kenyataannya para pengguna Ubuntu lebih suka menginstal aplikasi melalui PPA daripada melalui repository resmi Ubuntu. Hal ini dimungkinkan karena paket aplikasi di PPA lebih cepat dalam mengkuti perkembangan suatu aplikasi. Jika suatu aplikasi baru dirilis maka dengan segera akan muncul di PPA.


Namun sayangnya, berbagai kemudahan yang ditawarkan dengan adanya PPA hanya bisa dinikmati oleh mereka yang mempunyai koneksi internet di komputer Ubuntu. Bagi yang mempunyai koneksi internet dapat dengan mudah menginstal, melakukan update, hanya dengan mengetik sedikit perintah di Terminal. Jadi, bagaimana nasib pengguna Ubuntu yang tidak punya koneksi internet di komputer Ubuntu mereka? Tenang, saya akan memberikan trik bagaimana download paket aplikasi dari Ubuntu PPA secara manual. Silakan lanjutkan baca.

Jika teman-teman cermati, untuk menginstal aplikasi dari PPA kita harus menambahkan PPA tersebut ke daftar repository kita, dengan cara mengetikkan perintah ini di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:"nama ppa"
Misalnya:
sudo add-apt-repository ppa:gnomenu-team/ppa
Nah, perhatikan perintah di atas "nama ppa"-nya adalah "gnomenu-team/ppa". Sekarang buka web browser dan tulis alamat berikut di address bar:
https://launchpad.net/~gnomenu-team/+archive/ppa
Dari mana asal alamat di atas? Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya:


Jika teman-teman sudah berhasil membuka alamat tersebut di web browser, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar):


Pertama-tama lihat dulu paket aplikasi yang tersedia, apakah sudah sesuai keinginan atau belum. Kemudian pada "Overview of all packages published in" pilih versi Ubuntu yang teman-teman gunakan. Selanjutnya klik "View package details" sehingga kalian dihadapkan dengan halaman di bawah ini (sengaja saya potong gambarnya supaya lebih praktis):


Klik pada nama paket aplikasi yang sesuai dengan versi Ubuntu yang kalian gunakan, dalam contoh ini saya memakai Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Kemudian muncul gambar di bawah ini:


Kebetulan pada contoh ini, paket aplikasi bisa berjalan pada mesin "i386" dan "amd64" jadi klik saja "i386" (lihat gambar di atas). Mungkin pada kasus lain teman-teman akan menemukann pilihan lain yaitu "amd64" jadi sesuaikan dengan arsitektur mesin komputer yang kalian gunakan. Namun, jika kalian ragu-ragu pilih saja  "i386". Muncul halaman di bawah ini:


Klik pada nama file dari paket aplikasi dan tunggu sampai proses download selesai. Nah, jika sudah selesai pindahkan file tersebut ke flash-disk atau yang lainnya, bawa pulang dan instal di komputer kalian.

Untuk instal secara manual, ketik perintah ini di Terminal:
cd "folder tempat file berada"
sudo dpkg -i "nama file"
Atau bisa juga dengan klik ganda langsung ada file yang akan diinstal.

Semoga membantu.

12 comments :

zarkasichan mengatakan...

mantep nih web..,sangat kerennnnn

hok00age mengatakan...

@zarkasichan: Makasi bro.....

Andy Kurnia Prayoga Made mengatakan...

nice info :)

hok00age mengatakan...

@Andy: Thank's

Edit The Frontierz mengatakan...

mangstab gan...
btw tanya donk kalo untuk apps lab. bahasa yang digunakan under linux itu apa ya ?

hok00age mengatakan...

@Edit: Mmmmm... Maksudnya???

jefri mengatakan...

Websitenya keren mas, oh iya untuk mendapatkan link paket .deb bisa pake opsi --print-uris untuk apt, contoh apt-get -y --print-uris install gnomenu.. ini seperti yang ada di apt-fast
numpang link : http://rezzafri.wordpress.com/2010/06/05/tips-agar-lebih-cepat-download-software-dari-repository-ubuntu-dengan-download-manager/

hok00age mengatakan...

@jefri: Terima kasih atas infonya, semoga bisa membantu yang belum mengetahuinya ...

Imam A Hatta mengatakan...

Buat ubuntu 10.10 kok tidak ada ? mohon pencerahannya !

hok00age mengatakan...

@Imam; Tutorial di atas tidak bergantung pada distro yang digunakan. Ada atau tidaknya package untuk Ubuntu 10.10 tergantung dari yang membuat PPA ...

Adam_RELOADED mengatakan...

Klo dah d psang, mkenya gmn dam... Msih awam aku...

hok00age mengatakan...

@Adam: Kalo sudah dipasang alias diinstal, cara memakainya tergantung dari aplikasi yang diinstal gan. Google adalah teman yang baik untuk masalah ini :)

Poskan Komentar