SpeedCrunch: Kalkulator Scientific OpenSource untuk Windows, Linux, dan Mac OS X

Hampir setiap sistem operasi hadir dengan aplikasi-aplikasi pembantu seperti kalkulator. Tentu saja, aplikasi kalkulator bawaan sistem operasi dapat membantu kita untuk melakukan perhitungan matematika yang sederhana. Namun bagaimana jika kita membutuhkan perhitungan yang sangat rumit seperti mencari Greatest Common Divisor (GCD), atau ingin mencari rata-rata dengan cepat? Perhitungan semacam ini pasti sering ditemui oleh kalian yang belajar ilmu matematika, teknik, bahkan ilmu komputer. Untungnya, ada aplikasi kalkulator scientific yang opensource yang dapat berjalan di Windows, Linux, dan Mac OS X. Perkenalkan, SpeedCrunch.



SpeedCrunch hadir dengan berbagai macam fitur untuk mempemudah perhitungan matematika yang rumit. Berikut fitur-fitur pendukung yang dimiliki oleh SpeedCrunch.
1. Fungsi yang siap pakai
SpeedCrunch dilengkapi dengan berbagai macam fungsi yang siap pakai. Seperti fungsi untuk mencari rata-rata, fungsi trigonometri (SIN, COS, TAN, dan lain-lain), fungsi logika (OR, XOR, NOT, dan lain-lain), modulus (sisa bagi), dan lain-lain.


2. Lupa rumus? Tidak dengan SpeedCrunch
SpeedCrunch hadir pula dengan Formula Book yang berisi rumus-rumus umum dalam bidang aljabar, geometri, konversi unit, elektronika, dan frekuensi radio.


3. Kumpulan konstanta siap pakai
SpeedCrunch dilengkapi pula dengan berbagai konstanta dalam bidang kimia, astronomy, fisika, dan lain-lain. Kalian tidak perlu mengingat berapa massa bumi, karena SpeedCrunch sudah mencatatnya :D


4. Sering menggunakan angka tertentu? Simpan dalam variabel
Jika kalian sering menggunakan angka atau nilai tertentu dalam perhitungan, ada baiknya menyimpannya dalam variabel. Misal kalian berjualan kaos dengan harga Rp 70.000, pastinya angka ini akan selalu dipakai dalam transaksi kalian. Ya, alangkah baiknya menyimpan angka "70" dalam variabel dengan mengetikkan  "hargaKaos=70" lalu tekan Enter. Lalu, jika ada pelanggan yang membeli 5 buah kaos, cukup ketika "5*hargaKaos". Mudah bukan?


5. Adanya history
SpeedCrunch menyimpan perhitungan apa saja yang pernah kalian lakukan. Dengan adanya fitur ini kalian bisa "memanggil" kembali perhitungan tanpa harus mengetik ulang.


Tertarik dengan SpeedCrunch? Yap, silakan unduh pada tautan di bawah ini:

Unduh SpeedCrunch Scientific Calculator, GRATIS!!!

Pengguna Ubuntu tidak perlu repot-repot mengunduh SpeedCrunch, cukup ketika perintah berikut untuk menginstal SpeedCrunch di sistem kalian.
sudo apt-get install speedcrunch
Semoga bermanfaat :)

0 comments :

Poskan Komentar