COOoder: Percantik Source Kode Program di LibreOffice

Pagi tadi saya mengerjakan salah satu tugas kuliah saya yaitu Pemrograman Web. Di tugas tersebut saya diminta mengumpulkan file PDF yang berisi source code yang saya buat disertai screenshot hasilnya. Mmm, source code di IDE yang saya pakai tampil dengan sangat menarik, terdapat warna-warna yang membedakan kode satu dengan yang lain. Akan tetapi, ketika source code tersebut saya kopas di LibreOffice untuk dijadikan PDF, hasilnya tampak mengecewakan karena semua berubah menjadi hitam. Berangkat dari situasi ini, saya mencoba searching di Google dan menemukan salah satu ekstensi yang menarik yaitu COOoder.


COOoder merupakan ekstensi untuk LibreOffice dan OpenOffice yang memungkinkan kita untuk menampilkan source code suatu program dengan format yang menarik. Bisa kalian lihat pada gambar di atas, selector, property, dan value untuk CSS diberi warna yang berbeda. COOoder mendukung berbagai macam syntax bahasa pemrograman dan yang paling penting, kalian bisa menggunakannya dengan gratis!

Instalasi
Kalian bisa mendapatkan COOoder dengan mengunduhnya di sini. Simpan file di tempat yang mudah diingat lalu buka LibreOffice, silakan langsung menuju ke "Tools > Extension Manager" lalu klik "Add..." dan pilih file ekstensi yang barusan diunduh.


Setelah proses penambahan ekstensi selesai, restart LibreOffice untuk mengaktifkan ekstensi yang barusan ditambahkan.

Penggunaan
Cara menggunakan COOoder cukup mudah, cukup blok source code yang ingin "dipercantik" lalu pilih menu "Tools > Add-Ons > COOoder" sehingga jendela COOoder terbuka. Pada bagian "Language" silakan pilih bahasa pemrograman yang sesuai lalu klik "OK".


Mudah bukan? Nah, sekarang kalian tinggal memilih font yang kalian kehendaki. Saran saya, gunakan font dengan tipe "Mono" agar tampak lebih geek ;)

9 comments :

resa mengatakan...

Terima kasih infonya.Sangat bermanfaat... :)

Damar Riyadi mengatakan...

Sama-sama gan :)

Muhamad Fajar mengatakan...

mantap gan, ane butuh bgt nih buat nyisipin code ke libre biar ga acak-acakan :)

Damar Riyadi mengatakan...

Ekstensi ini juga berguna buat saya untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah :)

M Haidar H mengatakan...

Trims infonya, baru kepikiran lagi. Sayang banget COOoder udah 2 tahun ga diperbarui dan emang banyak bug-nya. Dan herannya OpenOffice / LibreOffice sampe sekarang belum nyediain fitur itu secara default (setau saya cuma buat SQL). Tapi lumayan lah masih bisa dipake.


Eh, tapi kalo dicetak terus dipotokopi jadi hitam / abu-abu lagi. ;)

Ktwika mengatakan...

bagaimana cara mengubah ke file pdf

Damar Riyadi mengatakan...

Klik "File > Export as PDF" di menubar.

Muhamad Fajar mengatakan...

 eta pisan gan!! hehehe

Muhamad Fajar mengatakan...

 yaiya dong, becanda ah nih mas M Haidar H kalo dipotokopi ma jadi hitam/abu-abu, nene-nene kayang juga tau kali, kecuali kalo pake potokopi berwarna *lumayan kalo ada mau potokopi duit, hihihi*

Poskan Komentar