Trik: Mempercepat Loading Netbeans

Bagi teman-teman yang biasa bermain dengan bahasa pemrograman khususnya Java pasti tidak asing dengan yang namanya Netbeans. Aplikasi IDE ini merupakan salah satu favorit saya untuk mengerjakan tugas kuliah yang berhubungan dengan pemrograman Java, salah satu alasannya adalah adanya fitur GUI designer yang dapat mempermudah kita mendesain tampilan aplikasi yang dibuat. Namun sayangnya, Netbeans kesayangan kita ini cukup lambat ketika loading terutama di laptop saya yang masih menggunakan prosesor Dual Core. Nah, berangkat dari masalah itu, saya mencoba browsing sehingga menemukan tulisan menarik bertajuk "Tuning JVM switches for performance" yaitu bagaimana meningkatkan performa Netbeans dengan mengubah setingan JVM (Java Virtual Machine).


OK! Untuk dapat menerapkan trik ini, temukan dulu file "netbeans.conf". Jika kalian menginstal Netbeans dari package manager di Ubuntu file ini bisa ditemukan di "/etc/netbeans.conf", tapi jika kalian menginstalnya dari file installer yang diunduh langsung dari situs Netbeans, file ini berada di "folder_instalasi/etc/netbeans.conf".


Nah, jika sudah ketemu edit file tersebut dan temukan baris yang dimulai dengan kata "netbeans_default_options". Sebagai contoh berikut baris yang saya maksud:
netbeans_default_options="-J-client -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dapple.awt.graphics.UseQuartz=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true"
Ganti baris tersebut dengan:
netbeans_default_options="-J-client -J-Xverify:none -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m -J-XX:MaxPermSize=200m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true -Dsun.java2d.opengl=true -Dsun.java2d.d3d=false"
Di sini kita mematikan verifikasi Java bytecode (-J-Xverify:none) sehingga proses loading lebih cepat serta kita menggunakan "-Dsun.java2d.opengl=true" agar Netbeans menggunakan akselerasi OpenGL untuk rendering grafisnya.

Saya sudah mencoba trik ini dan ternyata dapat mempercepat loading Netbeans hampir 1.5 detik yaitu dari yang mulanya 6.52 detik menjadi 5.26 detik. Lumayan bukan? Untuk setingan lain yang mungkin bisa kalian coba, silakan baca tulisan ini.

1 comments :

hery syamsul mengatakan...

mencoba dweeehh.....!!!

Poskan Komentar