[Ubuntu] Codelite: IDE C/C++ Ringan untuk Ubuntu

Sebagaimana yang pernah saya singgung pada artikel "Alasan Mengapa Saya Memakai Ubuntu/Linux", open-source merupakan dunia yang cocok untuk programmer karena selain terdapat banyak kode yang bisa dipelajari dan dikembangkan, open-source juga menawarkan berbagai macam aplikasi untuk men-develop aplikasi. Sebagai contoh IDE (Integrated Development Environment) untuk C/C++, kita dapat menggunakan Netbeans, Eclipse, Geany dan lain-lain. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengenal satu IDE lagi yang bisa teman-teman gunakan untuk menulis program khususnya dengan bahasa pemrograman C/C++, perkenalkan codelite!


Codelite merupakan aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang ringan jika dibandingkan dengan Netbeans atau Eclipse IDE. Tidak ada yang spesial dari aplikasi ini, tapi jika kalian membutuhkan aplikasi IDE yang simpel dan ringan untuk mengerjakan proyek atau tugas kuliah, Codelite patut untuk dicoba. Codelite mempunyai dokumentasi agar kalian tidak kebingungan dalam menggunnakannya, klik di sini untuk membacanya.

Instalasi di Ubuntu
Para pengguna Ubuntu dapat menginstal Codelite IDE dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository "deb http://www.codelite.co.uk/ubuntu/ natty universe"
sudo apt-key adv --fetch-keys http://www.codelite.co.uk/CodeLite.asc
sudo apt-get update
sudo apt-get install codelite
Perhatikan perintah di atas, harap ganti kata "natty" dengan codename distribusi Ubuntu yang kalian pakai. Saat ini, Codelite tersedia untuk Ubuntu Karmic, Lucid, Maverick, dan Natty. Aplikasi ini juga tersedia untuk Windows dan Mac, klik di sini untuk mengunduhnya.

"Maaf jika jarang update gan, lagi sibuk nih :p"

1 comments :

Dedy Martadinata mengatakan...

bang :D kalau di banding sama geany lbih fungsionalitas mana?

Poskan Komentar