[Lainnya] BlankOn Linux 8.0 "Rote" Sudah Mulai Dikembangkan, Targetkan Adanya Arsitektur ARM

Setelah sukses merilis versi 7.0 "Pattimura" pada tanggal 17 Agustus 2011 kemarin, tim pengembang BlankOn Linux sudah mengumumkan mulai dikembangkannya BlankOn Linux 8.0 dengan kode nama "Rote". Ya, kali ini tim pengembang BlankOn Linux mengambil nama dari kepulauan di Propinsi Nusa Tenggara Timur itu sebagai code name. Pengembangan BlankOn Rote ini akan dipimpin oleh Rahman Yusri Aftian yang merupakan manajer rilis "senior" BlankOn Linux.


Tim Infrastruktur sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya agar para kontributor dari seluruh Indonesia dapat segera mengerjakan proyek ini. Persiapan yang telah dilakukan Tim Infrastruktur antara lain:
  • Lumbung paket pengembangan BlankOn Rote
  • Profil pabrik CD untuk BlankOn Rote
  • Gudang Kode untuk BlankOn Rote
Yang menarik dari BlankOn Rote ini adalah Bapak Aftian selaku manajer rilis proyek ini menargetkan BlankOn Rote akan hadir juga untuk arsitektur ARM.


Sehingga pada saatnya nanti, teman-teman dapat menginstal BlankOn Rote ke tablet PC, telepon pintar, dan perangkat lain yang menggunakan arsitektur ARM. Tentu saja, hal ini sangat menarik, bayangkan jika perangkat Android yang beredar di pasaran saat ini dapat diinstalin BlankOn di dalamnya. Bagaimana mungkin gan, BlankOn diinstal di perangkat kayak gituan? Mmm, hanya sekedar informasi saja bahwa Motorola Xoom yang notabene adalah perangkat dengan OS Android dapat diinstal Debian Linux secara native di dalamnya, jika Debian bisa mengapa BlankOn tidak bisa?


Jika kalian berminat untuk menjadi tim pengembang BlankOn, silakan baca panduan ini untuk lebih jelasnya. Atau kalian juga dapat mengikuti diskusi serta obrolan para pengembang dan pengguna BlankOn di grup ini.

Sumber: Berita BlankOn

"Indonesia goes opensource"

5 comments :

Anonim mengatakan...

Mantap,saya selalu menantikan setiap release blankon.Setiap release selalu ada inovasi baru.......

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sip gan, BlankOn juga tetap konsisten bekerja sampai sekarang :)

Anonim mengatakan...

Memang harus kreatif dan inovatif gan, apalagi ini kan bisa mengangkat nama Indonesia ...

donatello mengatakan...

mau tuh, motorola dengan OS blankon.... :D

Yuda taufiqurrahman mengatakan...

keren banget pokoknya, indonesia maju jaya

Poskan Komentar