[Ubuntu] Mikogo: Cara Mudah Berbagi File dan Chatting Antar Komputer Dalam Jaringan

Mikogo merupakan aplikasi desktop sharing yang bisa kita gunakan untuk berbagi layar (screen sharing), berbagi file, dan chatting antar komputer dalam jaringan. Aplikasi mendukung sistem operasi Linux, Windows, dan Mac sehingga memungkinkan kita untuk berkomunikasi lintas sistem operasi. Saya sudah mencoba fitur utama dari Mikogo yaitu screen sharing, berbagi file, dan chatting. Berikut sedikit ulasannya.


Instalasi
Mikogo merupakan aplikasi closed source namun bersifat free to use, jadi untuk dapat menjalankan Mikogo di Ubuntu, kalian harus men-download aplikasinya terlebih dahulu di sini. Sebagaimana sudah saya singgung sebelumnya, Mikogo menyediakan versi untuk Windows, Mac, dan Linux jadi pilih sesuai kebutuhan kalian.

Penggunaan
Setelah Mikogo berhasil diunduh, ekstrak file arsip kemudian jalankan file executable bernama "mikogo" yang berada di dalam folder hasil ekstraksi.


Pada ujicoba kali ini, saya menggunakan Ubuntu 11.04 dan Windows XP yang berjalan dengan bantuan VirtualBox di mana antara Ubuntu dan Windows terhubung dengan jaringan NAT (fitur pada VirtualBox). Saya menggunakan Windows XP sebagai host atau server untuk Mikogo jadi Ubuntu 11.04 hanya berfungsi sebagai pendengar. Baiklah, berikut panduan singkatnya:

Pastikan Mikogo untuk versi Windows telah di-download dan dijalankan seperti nampak pada gambar di bawah ini:


Untuk menjadikan Windows XP sebagai host klik tombol yang terletak paling kiri untuk memulai session baru.


Ketika session berhasil dibuat, kalian akan mendapatkan session ID yang harus kalian masukkan ke komputer pendengar (dalam contoh ini adalah Ubuntu) agar dapat terhubung dengan komputer host. OK! Kita catat nomor ini "935-101-749". Nah, sekarang saatnya menjalankan Mikogo di Ubuntu lalu menghubungkannya dengan komputer host (dalam contoh ini Windows XP) dengan memasukkan session ID.


Jika semua informasi yang dibutuhkan sudah dimasukkan, klik "Join Session" untuk memulai koneksi. Nah, jika sudah terhubung, kalian bisa chatting, berbagi file, berbagi layar dengan mengklik tombol yang ada di toolbar. Berikut beberapa screenshot yang saya ambil ketika melakukan uji coba Mikogo.




Semua fitur yang nampak di screenshot di atas sudah saya uji coba dan semuanya berjalan dengan lancar tanpa masalah, sedangkan bagaimana cara melakukan chatting, berbagai file, dan berbagi layar silakan pelajari sendiri lewat aplikasi Mikogo karena aplikasi ini mempunyai tampilan GUI (Graphical User Interface) yang sederhana dan mudah digunakan. Tinggal klik langsung jalan! :p

Catatan penting: Sebagaimana yang dijelaskan di forum, Mikogo membutuhkan koneksi Internet untuk dapat bekerja karena aplikasi harus terhubung ke server Mikogo port 443 dan 80. Jika teman-teman hanya butuh aplikasi untuk transfer file tanpa membutuhkan koneksi Internet, silakan coba aplikasi yang bernama Giver.

Inspirasi: WebUpd8

10 comments :

M. Yopa Velda mengatakan...

wow keren, berarti klo gk ada koneksi internet tidak bisa chatting dan sharing file?, saya kira hanya bermodalkan kabel lan atau switch hehe

hok00age mengatakan...

@Yopa: IMHO, koneksi Internet dibutuhkan untuk mendapat Session ID

Pratama mengatakan...

entar ane coba gan

hok00age mengatakan...

@Pratama: Sip gan, ditunggu feedbacknya :D

gintz mengatakan...

mas, kalo software cross platform yang bisa dipakai untuk chating jaringan tanpa internet.. apa ya yang bagus, minta rekomendasinya.. terimakasih

d0n mengatakan...

@gintz: coba pake openfire + pidgin... :)

Pingsut mengatakan...

wew... keren gan :) ijin coba

hok00age mengatakan...

@Pingsut: Silakan gan :)

Andrew Donnelly, Mikogo Web Conferencing mengatakan...

Hi, thanks for testing out our new Version 4 Linux software and writing up your experience. It's great to read that you like the Mikogo features, including the very new chat function.
For anyone who is interested in using Mikogo in Indonesian, you can change the interface language from English to Indonesian under "Settings". Just click on the drop-down menu where it says "Language", as seen here in this screenshot: http://www.flickr.com/photos/mikogo/5765627424/
Thanks again for reviewing Mikogo!

Regards,

Andrew Donnelly
The Mikogo Team
Twitter: @Mikogo

hok00age mengatakan...

@Andrew: Thanks for the instruction, anyway it would be nice if Mikogo can be used in local network (LAN) without Internet connection :IMHO

Poskan Komentar