[Ubuntu] Hal-Hal yang Seharusnya Dilakukan Setelah Menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal (Bagian 2 - Look and Feel)

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis artikel mengenai hal-hal yang seharusnya dilakukan setelah menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang berkaitan dengan multimedia. Pada kesempatan kali ini, saya berniat menulis bagian kedua yang akan membahas mengenai tampilan, desktop effect, dan lain-lain. Silakan menyimak!


Ubah Tema GTK dan Tema Ikon Sesuai Selera
Di Ubuntu, teman-teman bebas memilih tema yang akan digunakan, baik itu tema GTK, ikon, wallpaper dan tema kursor. Kesemua tema-tema tersebut dapat kalian unduh secara gratis di situs-situs seperti gnome-look.org, deviantart.com, ubuntu-art.org dan lain-lain.

Tema yang saya pakai saat menulis artikel ini adalah "Ambiance" untuk tema GTK (default di Ubuntu), "Faenza" untuk tema ikon, "Oxygen" untuk tema kursor. Untuk menginstal tema ikon Faenza dan tema kursor Oxygen, silakan ketik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:tiheum/equinox
sudo apt-get update
sudo apt-get install faenza-icon-theme oxygen-cursor-theme
Untuk tema-tema yang lain, silakan kunjungi situs-situs di atas.

Instal CompizConfig Settings Manager
Salah satu kabar gembira bagi pecinta desktop effect di Ubuntu adalah masih digunakannya Compiz di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal yang menggunakan Unity ini. Nah, untuk melakukan konfigurasi Compiz seperti mengubah animasi ketika aplikasi dibuka, ditutup, di-minimize dan lain-lain, dibutuhkan aplikasi yang bernama CompizConfig Settings Manager.


Untuk menginstal CompizConfig Settings Manager silakan ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
CompizConfig Settings Manager bisa diakses dengan cara menekan ALT+F2 kemudian ketik "ccsm" pada isian.

Kalian menggunakan komputer yang sudah tua?? Gunakan Unity 2D!
Jika teman-teman menggunakan komputer yang sudah tua dan tetap ingin merasakan serunya desktop Unity, silakan gunakan Unity 2D. Unity 2D adalah Unity yang dibuat khusus agar bisa berjalan di komputer-komputer lama. Ketik perintah berikut untuk menginstal:
sudo add-apt-repository ppa:unity-2d-team/unity-2d-daily
sudo apt-get update
sudo apt-get install unity-2d

Rindu dengan tampilan lama?? Matikan Unity!
Mungkin ada di antara teman-teman yang merasa sukar menggunakan desktop baru Ubuntu 11.04 Natty Narwhal dan merindukan tampilan klasik seperti Ubuntu Maverick, Lucid, dan pendahulunya. Jika demikian keadaannya, silakan matikan Unity dan kembali ke tampilan klasik. Berikut petunjuknya!

Tekan ALT+F2 kemudian ketik "gdmsetup" (tanpa tanda petik) pada isian, kalian akan dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini.


Pilih "Ubuntu Classic" dengan "default session" kemudian klik tombol "Close".

Berlanjut ke bagian ketiga (terakhir).

7 comments :

adicitycom mengatakan...

Informasi yang bermanfaat...
mas bolehkah saya copy file..to..upload di url http://infocerdas.org kalau boleh kami akan membawa beberapa link tahutek.net di blog kami....

Damar Riyadi mengatakan...

@adicitycom: Silakan kutip artikel-artikel saya, asalkan menyertakan URL sumber :)

Anonim mengatakan...

mohon bantuannya mas.. saya udah coba unity saat ini dgn beberapa tampilannya.. tapi ketika sy memilih tampilan yg user definied seison, maka yg muncul hanya walpapernya sj tanpa ada menu-menu yang lainnya. gimana cara balikin supaya tdk install ulang lagi.

Damar Riyadi mengatakan...

@Anonim: Waktu login, pilih Ubuntu atau Ubuntu Classic pada bagian Session kalau tidak salah ...

Anonim mengatakan...

ya..mas kalo sy pilih clasic tampilan yg muncul adalah versi maverick ato lucidnya tapi karena sy coba yg user definiednya aja pada saat logout kemarin malam maka skr semua hilang n tak bisa dikembalikan... udah sy coba restart pake ctrl+alt+del... tetap aja hanya dekstop aja yg muncul,oh ya thanks atas responnya n salam kenal dari pulau lombok

anfi mengatakan...

izin repost lagi ya mas hok00age

Damar Riyadi mengatakan...

@Anonim: Salam kenal juga mas
@anfi: Silakan gan

Posting Komentar