[Lainnya] Linux Mint Mengalahkan Ubuntu?

Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin menyampaikan kabar yang cukup menarik untuk diketahui. Jika teman-teman sudah mengetahuinya, silakan tuliskan pendapat dan opini kalian mengenai berita ini. Namun, jika kalian belum mengetahuinya, berita tersebut adalah Linux Mint lebih populer daripada Ubuntu berdasarkan average number of hits per day. Sumbernya dari mana gan? Lihat di Distro Watch gan.



Mmm, kalau boleh curhat sedikit, lama-lama saya agak kecewa dengan tampilan Unity yang dibawa Ubuntu karena susah dimodifikasi serta bug yang sangat mengganggu adalah ketika mengklik tombol "x" (close) di jendela, eeh malah aplikasi lain yang tertutup. Misal saya sebenarnya ingin menutup Nautilus dengan mengklik tanda "x" pada title bar tapi anehnya aplikasi Firefox yang tertutup. Pernahkah kalian mengalaminya?

Jadi menurut kalian, apa yang menyebabkan Ubuntu mulai tergeser popularitasnya? Jangan malu-malu mengungkapkan pendapat, tulis saja di komentar :)

58 comments :

bacalah mengatakan...

belum pernah nyoba yg mint :D

Dy mengatakan...

mint lebih mudah dan simple kali gan...
ane juga kurang cocok pake unity, makanya ane pake ubuntu dengan gnome sekarang :D

Bisida mengatakan...

Iya Gan... Saya kemaren juga liat... Mint remove Unity... Rasanya lebih cepat, ringan dan enak buat mata. Adem... :D

Muhammada Faiz Mughni(dafa) mengatakan...

saya coba unity yang di ubuntu 11.10 ja,,,
pengin kiamat aja ne laptop aneee

haidintechno mengatakan...

dari DE-nya mungkin.
lebih enak kalau ubuntu pakai gnome.

Febriyanto(フェブリヤント) mengatakan...

unity & gnome 3, semakin kesini makin merepotkan touchpad, dan mata..... mending KDE kemana2.....
saya termasuk mint newbie user, karena pas baru pindah dari Natty ke Oneiric yang sama2 ga enak.... wipe out.....

ga kaget kalo mint sepopuler ini, karena saya merasakan ketangguhannya... I still love Compiz + KDE..

Abdul Khair mengatakan...

makin keren mas brow

tiyaNG jAWI mengatakan...

TahuTEK said: Mmm, kalau boleh curhat sedikit, lama-lama saya agak kecewa dengan tampilan Unity yang dibawa Ubuntu karena susah dimodifikasi serta bug yang sangat mengganggu adalah ketika mengklik tombol "x" (close) di jendela, eeh malah aplikasi lain yang tertutup. Misal saya sebenarnya ingin menutup Nautilus dengan mengklik tanda "x" pada title bar tapi anehnya aplikasi Firefox yang tertutup. Pernahkah kalian mengalaminya?

Saya setuju pendapat anda bung.... saya agak tidak nyaman dengan adanya Unity... menurut saya Ubuntu yang stabil di mata saya adalah Ubuntu 10.04 :D

luthfi mengatakan...

'when you are on top , there is only one way , down ' :D , well , itulah yang terjadi pada ubuntu . Konsentrasi berlebihan di unity development mengakibatkan menumpuknya bug2 yang tidak cenderung diselesaikan oleh para developernya . Meanwhile , mint mencoba mengatasi nya , dan sampai saat ini cenderung berhasil . Mint sendiri sudah ada sedikit ancang2 untuk ganti base ke debian testing walopun kelihatannya bukan secara total.

Yuda taufiqurrahman mengatakan...

aku dulu suka banget ma linuxmint karena simpel dan mudah terus pindah ke ubuntu dan sekarang kok ya linux mint lebih menggoda :((

Anonim mengatakan...

mint lebih simple, tampilan lebih fresh...
tapi terkadang sering hang sendiri, entah karena apa..
soal stabilitas lebih baik ubuntu, tapi soal tampilan lebih mendingan mint..

Rahman Yusri Aftian mengatakan...

Keren abis mint, padahal pengelolanya tidak sebesar canonical duite ndak sebanyak itu, salut buat mint meski saya pakai BlankOn.

reza_faiz mengatakan...

setuju, ubuntu sekarang lbih ribet, buat yg baru migrasi bisa2 gak jadi migrasi,,, :D,

Anonim mengatakan...

ane malah pake lubuntu gan !!! (LXDE)

Padly mengatakan...

Sebenarnya aku suka Ubuntu 11.04, tapi setelah upgrade aku juga mengalami masalah-masalah seperti disebutkan di atas. Setelahnya sempat juga coba Mint Katya, enak sih! tapi aku ga terlalu suka karena tampilannya ga jauh beda sama windows XP yang aku tinggalkan (Padahal XP ku origin lho).

Sekarang aku lagi jatuh cinta sama Joli OS.

Uchan mengatakan...

Wah, mirip banget sama postinga ane gan xD

arief mengatakan...

Tidak konsisten gan,pada awalnya ubuntu pake desktop environment gnome yg memudahkan pengguna sebenarnya,saya pernah nyoba pake ubuntu dgn desktop environment unity ,jd agak sulit dan agak membingungkan.klo linux mint ,mereka ,para pengembang lebih memilih gnome ,agar mudah digunakan oleh user. Info terbaru dr mint,mereka akan pke gnome3+mint gnome shell extension di lm12 .selain itu ,linux mint seblm melakukan pengembangan versi selanjutnya,para pengembang melakukan survey thdp pengguna terlebih dahulu.

AgusUbnt mengatakan...

Saya termasuk penikmat Linux berbagai distro pernah dicicipi, kini betah di Ubuntu...(baru update sampai ke Ubuntu 11.04). Mint punya tampilan yang fresh dan terasa ringan loadingnya, beda dengan Ubuntu kebalikannya. Tapi bukan masalah karena aplikasi yang tersedia sama. Sedangkan tuk desktopnya, apapun jenisnya tidak masalah yang penting stabil dan sesuai dengan spesifikasi yang diminta desktopnya. Pada netbook saya Ubuntu dengan unity-nya.....adem-adem saja.

android19 mengatakan...

menurut ane unity lah penyebab banyak yang kecewa dg ubuntu termasuk ane. terutama 11.04 yang banyak bug nya, akhirnya ane pindah ke distro lain sambil nunggu 12.04 rilis. kayaknya 12.04 bakal jadi ubuntu yg lebih stabil

Hendra mengatakan...

untuk pengguna biasa yang terbiasa memakai jendela dan coba pindah ke ubuntu, biasanya ilfill dengan tampilan unity karena dianggap jauh berbeda, sehingga para TS linux lebih memperkenalkan linuxmint yang mempunyai desktop dan tampilan yang mirip sehingga orang awam mau mencoba. Ini pengalam saya migrasi di toko2 yang sebelumnya pake jendela, mereka (user) lebih mudah menerima linuxmint.

dhu uh mengatakan...

untuk pengguna seperti saya mungkin masalah utamanya di DE kali ya??? Aku pernah nyoba LM Isadora keren abizz...audio langsung on ...,akhirnya aku balik lagi ke 10.04 karena lihat webnya LM mau pake Debian untuk rilisnya (pikirku Debian dominan di CLI, mati dech ...).Sampai sekarang aku masih di 10.04 nunggu 12.04 rilis,............

Pujiono mengatakan...

kebetulan sedikit partisi ku sisihkan buat cobain versi 11.10 dgn tanpa menghapus Ubuntu 10.04, buat saya enak yg 10.04 LTS bro ... Mint versi barunya memang diakui punya tampilan lbh keren (LXDE), hanya tetep saya belum suka .. karena "Ubuntu-Tweak"nya nggak selengkap yg buat Ubuntu.

Galuh Ristyanto mengatakan...

Saya malah baru-baru ini menyukai Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Sampai-sampai merelakan Linux Mint 11 'Katya' LXDE saya hapus. Tertarik dengan UNITY-nya. Udah cukup bosen ama GNOME. Kalau KDE gak terlalu suka. Belum terbiasa dengan aplikasi buat KDE.

onliners mengatakan...

hmm, jujur saya salah satu pengguna ubuntu yg memilih menggunakan turunannya seperti linux mint, dan blackbuntu. masalahnya ya sama, sejak mulai make lucid, trus maverick saya masih nyaman2 aja. mulai natty yg menggunakan unity yang kurang bisa di otak atik tampilannya saya mulai bosan atur ini itu. jadinya pindah ke julia, trus karang fresh upgrade katya.. linux mint jauh lebih unggul di tampilan dibanding ubuntu sekarang ini, n blackbuntu yg based on meverick pun masih lebih enak digunakan... :)

el_sangkulirangi mengatakan...

ane sekarang beralih ke kubuntu gan,rasanya lebih berprikemanusiaan dengan penglihatan ane gan

Diky Hadna mengatakan...

Ane malah sukanya pake Ubuntu 10.10 gan :D

I.Q mengatakan...

ane ga doyan unity gan,mnurut ane kok desktopnya kliatan lebih kecil(kbanyakan menu atas ama samping :p) ,ane sekarang doyan Blackbuntu 3.0 (^_^) sambil menyelam minum air :D

rahman mengatakan...

unity ama gnome3 bener-bener ga enak kalo menurut saya. komputer desktop jadi berubah bagaikan komputer tablet/smartphone.
dari segi interface emang bagus, tapi pengoperasiannya bener-bener ga enak.

Dwiki mengatakan...

betul gan.. ane aja pake ubuntu 10.10
ga suka sm tampilan unity

kuro_kid mengatakan...

sjak ubuntu mke unity ane lngsung pindah gan, nga tw knpa ane bnar2 nga mw mke unity bgitu pula dengan gnome3 yg nga berkompromi ma old machine,pkiran ane tu DE psti berat
sdngkan untuk trsingkirny ubuntu dari posisi puncak mnurut ane itu hal yg ninggal nuggu wktu gan, klo bwt user lbih mnarikan mint gan yg nga usah di repotkan dengan menginstall ini itu after installation,nga ky ubuntu yg msih repot install ini itu bis intall OS nya

Anonim mengatakan...

ane jg suka pake LM,
coz library pendukungnya lbh lengkap ketimbang ubuntu n' da gitu efek" kyk compiz'nxa uda terinstall jd yg suka akan keindahan desktop environment bkl betah liat trs..
Tapi gimana ya caranya install lewat mint4win kyk nginstall ubuntu pk wubi,
jadi gag perlu bikin partisi baru n' klw uda bosen tgl uninstall aja lewat windows kyk uninstall aplikasi gitu...

Andi mengatakan...

Sampai sekarang saya masih setia memakai Maverick..
Pernah sekali mencoba Natty juga Oneiric, tp akhirnya kembali lagi ke Maverick.. hehe..

fr@nk el-kandie mengatakan...

kurang lebih sama, saya bete sama unity.. nyari aplikasi malah susah...

merizmibi mengatakan...

pengaturannya susah banget bagi ane sebagai new bie... :'( pake unity kepala ane tambah puyeng gan,.... huhuhhuhu

Anonim mengatakan...

ubuntu tetep enakan yang gnome. klo mau kde jangan pakai ubuntu, sangat tidak ramah. padahal tampilan keren justru banyak di kde. mau ubuntu terus dengan gnome? ya bosen la yaw. makanya linuxmint mulai naik.

ordinaryegi mengatakan...

ane pake unity sama gnome-shell sama aja kayanya, malah nyaman banget unity di 11.10

pingsut mengatakan...

unity+gnome3 make me dizzy gan

www.linuxmint.web.id mengatakan...

Sudah di prediksi sih... Mint bakal terus meroket naik di Distrowatch, dulu sebelum ada issue Unity di Ubuntu, jg sudah menanjak naik karena smooth dan light-nya Mint.

Apalagi skrg ditambah issue Unity, makin signifikan deh nanjaknya di distrowatch...

Tp soal unity, kl gak seneng ama unity-nya, kan bisa milih Ubuntu Classic sebelum login di ubuntu tho ?

Btw, kayaknya skrg pengguna LinuxMint makin menggila nih...
Apa kayaknya saya harus idupin lagi ya... situs linuxmint.web.id ? kekekke

Salam Julia, Katya.. dan Lisa :)

Joseph mengatakan...

ubuntu 11.10 sering gk stabil gan.. :(

Anonim mengatakan...

jelas banget: UNITY yang menyebabkan ane beralih ke MINT

Kasmui mengatakan...

unity merepotkan, tidak praktis, seperti juga di blankon pattimura

sopian mengatakan...

wah masa si ubuntu udah kalah....wah ubuntu harus kerja keras nich...wkwkwk
Ane emang udah agak dak serek juga sama unity...tapi lama kelamaan nyaman juga..he

anonimous mengatakan...

ubuntu mengalahkan debian (bapaknya ubuntu), wajar dong kalau sekarang ubuntu dikalahin anaknya (mint)

bastaryan mengatakan...

kalo ane sih, ane lebih seneng ma ubuntu 11.10...

A.IRFAN mengatakan...

gak bisa menyatukan diri dengan unity, terpaksa selingkuh dengan KDE < I like It >

timurmatahari mengatakan...

kalo ane udah terlanjur klop ma ubuntu 10.04 LTS, dan sprtinya blm mau berpindah ke lain hati :-)
mint okey, cuma ane agak bermasalah sama startup menu aplikasi yang terlalu lebar pas dibuka.hehehe

grontol jAGUNG mengatakan...

http://www.petitionspot.com/petitions/removeunityubuntu

Anonim mengatakan...

yg linux mint lebih keliatan maniz tampilannya

Ncuz's Blog mengatakan...

pernah coba ubutu 11.04 dan 11.10, tapi kyaknya terlalu berat buat lepi ane, akhirnya mutusin buat kembali lagi ke 10.10, lebih stabil, sambil nunggu versi 12.04, hehehehe...

Teknikhendra mengatakan...

Unity Gak Bagus,,, Gnome 3 lebih Gress....
Gan... Bleh Mnta Rferensi Dari Blognya,, untk Penulisan Tutorial dan Artikel di blog sya,,???

Damar Riyadi mengatakan...

Silakan gan, harap serta URL sumber :)

Dikki Septian mengatakan...

linux mint lebih ceria buat lepi saya hehe

Julianis S.Kom mengatakan...

Sebenarnya tergantung selera... Ada yang baru tentu perlu penyesuaian, tidak ada yang perlu dipermasalahkan... Versi terbaru pasti ada perbaikan dari versi yang lama... semua tinggal kebiasaan saja... 

em pleh mengatakan...

11.10 tuh ga bisa ganti screen saver yah? bingung nih....
oh iya tadinya ane pake natty whall trus upgrade ke oneiric ocelot

Muhamad Fajar mengatakan...

 bisa gan, ini ada tutorialnya --> http://shuffleos.com/3176/how-to-enable-screensavers-ubuntu-11-10-oneiric-ocelt/

Kukuh Adien mengatakan...

klo manurut saya, semua distro linux itu sama .. ada kurang dan lebihnya.. jadi tergantung user.. lebih nyaman memakai yang mana.

Lukman mengatakan...

Saya lebih suka pakai Linux Mint KDE karna lebih bagus aja tampilannya,,,

Lagipula saya kurang suka DE berbasis Gnome, apa pun namanya,,, karena terlalu sederhana,,,

Saya bahkan berfikir, kalo saja KDE yg lebih dikenalkan ke User baru yg pengen pakai linux, saya yakin mereka lebih suka dan lebih nyaman, karna banyak hal yg diGnome masih harus dilakukan via Terminal, di KDE sudah bisa dilakukan secara GUI, dan KDE itu sangat bersahabat dengan mata :D

Spek PC/Laptop sekarang ini mustahil tidak sanggup menjalankan KDE.

Oh ya kenapa KDE tidak sepopuler Gnome?

karena KDE mirip windows, scara ya,,, para pengguna linux kan sok anti windows gitu, haha,,,

KDE fiturnya banyak,,,

DE itu menentukan kenyamanan pengguna, karena DE adalah Lingkungan kita, pilih dengan bijak, sesuaikan dengan spek laptop/pc, dan jangan debat kusir karna yg didebatkan adalah sesuatu yg relatif, sampai kiamat juga beda-beda pendapat karna penilaian orang beda-beda :D

anisa mengatakan...

iya kang sama win xp ori sekarang ditinggalkan ,...

Poskan Komentar