[Lainnya] Dropbox-Index: Share Seluruh Isi Folder di Dropbox

Dropbox merupakan salah satu situs penyedia layanan online storage yang populer di kalangan pengguna. Salah satu kelemahan Dropbox yaitu kita tidak bisa melakukan sharing satu folder sekaligus, dengan kata lain kita harus memberi link tiap file untuk share kepada teman-teman kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai info mengenai script yang dapat membuat file "index.html" yang secara otomatis akan memuat daftar link dari file-file yang ada dalam suatu folder. Singkatnya, kita dapat melakukan sharing satu folder sekaligus dengan cepat dan mudah.


Mengunduh dan Mengkonfigurasi Script

Untuk dapat melakukan trik ini kalian harus mengunduh Dropbox-Index yang bisa didapatkan di sini. Setelah proses download selesai, ekstrak arsip dan masuk ke dalam folder hasil ekstraksi, klik kanan pada area kosong kemudian pilih "Open in Terminal".


Jika teman-teman tidak mendapati pilihan "Open in Terminal", silakan ketik terlebih dahulu perintah berikut untuk menginstal ekstensi "nautilus-open-terminal":
sudo apt-get install nautilus-open-terminal
Untuk informasi lebih lanjut mengenai ekstensi-ekstensi yang berguna di Nautilus silakan klik di sini.

Kembali ke topik, pada jendela Terminal yang terbuka ketik perintah berikut:
chmod +x dropbox-index.py
Perintah di atas berfungsi untuk memberi perijinan eksekusi terhadap script "dropbox-index.py".

Penggunaan
Untuk melakukan sharing folder kita cukup mengetik perintah semisal di bawah ini:
./dropbox-index.py -R -T template-example.html ~/Dropbox/Public/EsPoeter/
File "template-example.html" adalah file template untuk membuat "index.html" folder kalian. File ini biasanya terletak satu folder dengan file script "dropbox-index.py", tentu saja kalian bisa mengedit file template tersebut sesuai selera. Sedangkan "~/Dropbox/Public/EsPoeter/" adalah nama folder di akun Dropbox saya yang ingin saya share ke publik. Nah, ubah "template-example.html" dan "~/Dropbox/Public/EsPoeter" pada baris perintah di atas sesuai selera kalian masing-masing.

Jika semuanya berjalan dengan lancar, kalian akan mendapatkan sebuah file "index.html" (berada di folder yang di-share) yang memuat link dari file-file yang ada pada folder yang kalian share. Klik kanan file "index.html" kemudian pilih "Dropbox > Copy Public Link".


Nah, kalian sudah mendapatkan link yang siap dipakai untuk sharing seluruh isi folder.

Share the love! :p

3 comments :

Aditya Darmawan mengatakan...

Assalamualaikum mas Damar.

Ini saya mau tanya nih. Saya kan sudah menggunakan layanan Dropbox melalui refferal Mas Damar. Pertanyaannya adalah, bagaimana saya bisa share file-file yang saya upload dengan menggunakan direct-link.

Kalau saya perhatikan postingan-postingan Mas Damar di website ini, jika ada file yang diupload di Dropbox selalu menggunakan direct-link.

Nah, caranya bagaimana ya? Mohon pencerahannya. Terima kasih...

hok00age mengatakan...

@Aditya: Jika agan pake Ubuntu, buka Nautilus lalu masuk ke folder Dropbox/Public kemudian klik kanan pada file lalu pilih "Dropbox > Copy public link"

Aditya Darmawan mengatakan...

Oh terima kasih banyak mas. Mulanya memang saya sudah membaca tentang tutorial tersebut, tetapi pas saya klik kanan file-nya kok nggak ada menu "Copy public link".

Ternyata karena saya menempatkannya di dalam "shared folder". Harusnya di Public.

Terima kasih banyak atas tutornya.

Poskan Komentar