[Ubuntu] Instalasi Codec Audio dan Video Secara Offline

Sebagaimana kita ketahui, Ubuntu Lucid pada keadaan awal setelah proses instalasi tidak dapat memutar beberapa file audio dan video. Untuk mengatasinya bisa dengan menginstal codec yang dibutuhkan, melalui repository di Ubuntu atau dengan menggunakan Ubuntu 10.04 Start Script. Namun, semua kemudahan itu hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang mempunyai koneksi Internet langsung di Ubuntu. Nah, bagi yang tidak mempunyai koneksi Internet langsung di Ubuntu Lucid-nya, silakan simak artikel ini untuk cara instal codec secara offline.


Instalasi codec secara offline sebenarnya sangat mudah, yaitu teman-teman cukup men-download semua file yang terdapat dalam daftar ini. Kemudian membuat repository lokal yang memudahkan kita menginstal file-file yang di-download secara manual. Kemudian mengetikkan perintah di bawah ini pada Terminal:
sudo apt-get install gstreamer0.10-ffmpeg gstreamer0.10-plugins-bad gstreamer0.10-plugins-bad-multiverse gstreamer0.10-plugins-ugly gstreamer0.10-plugins-ugly-multiverse libdvdnav4 libdvdread4 libdvdcss2 libxine1-ffmpeg ffmpeg
Dengan menjalankan perintah di atas, maka diharapkan Ubuntu Lucid kalian sudah bisa memainkan file-file audio populer seperti mp3, wav, dan lain-lain, file-file video seperti flv, mp4, avi, dan juga bisa memutar DVD komersial.

Selamat mencoba.

3 comments :

Anonim mengatakan...

sssiiipp.,.,,,bwt ubuntu selain 10.04 bs g?

hok00age mengatakan...

TESTED-nya di Ubuntu Lucid, tapi pantas kok dicoba di versi lainnya.......

dwiga mengatakan...

ni tanpa koneksi bisa kan?

Poskan Komentar