Mudahnya Transfer File Antar Perangkat Dalam Jaringan dengan Dukto

Dukto adalah aplikasi open souce yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan transfer file, folder, atau teks antar komputer dalam satu jaringan. Aplikasi ini multiplatform yang bisa berjalan di Windows, Linux, Mac, bahkan smartphone Android. Sehingga kita bisa melakukan transfer file dari berbagai perangkat dan sistem operasi.



Sebagaimana yang telah disebutkan, Dukto dapat mengirimkan teks, file, bahkan folder ke komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Berikut contoh tampilan dari fitur tersebut.


Mengirim teks, sangat mudah, layaknya kalian melakukan chatting dengan komputer teman. Cukup klik "Send some text". Lalu ketikkan pesan yang ingin disampaikan. Setelah pesan dikirim, maka pesan akan muncul pada layar Dukto komputer lawan "bicara".


Ketika komputer lawan "bicara" meng-klik pesan yang diterima. Pesan kemudian ditampilkan.


Mengirim file dengan Dukto pun juga sangat mudah. Cukup pilih file yang akan dikirim, maka komputer teman akan menerima notifikasi bahwa ada file yang masuk. Berikut penampakannya.


Ketika teman Anda meng-klik file yang diterima, maka file akan terbuka sesuai dengan tipe file yang diterima.


Di Ubuntu, file yang diterima secara default di simpan di folder "Home". Tentu saja, tempat penyimpanan ini dapat diubah dengan mudah pada halaman pengaturan.


Dukto merupakan aplikasi yang sangat simpel dan mudah digunakan. Filenya yang kecil membuat aplikasi ini mudah sekali diporting ke perangkat mobile seperti BlackBerry, iOS, dan Android. Baiklah, jika kalian ingin mencoba aplikasi ini. Silakan klik tautan di bawah ini:

Halaman Unduh Dukto untuk Windows, Linux, Mac, Android, iOS, Blackberry, dll.

Semoga bermanfaat.

3 comments :

Ed Nanda mengatakan...

wow, sangat bermanfaat.. trm ksih..

Damar Riyadi mengatakan...

Sip, sama-sama gan :)

Rio Pratama mengatakan...

cara menghilangkan cowsay sama figlet nya, agar terminal seperti semula gimana ya?

Poskan Komentar