Membuat Aplikasi Android Dengan PhoneGap Dan Cordova Di Arch Linux

Pertama, mungkin ada sebagian orang yang sudah tidak asing dengan PhoneGap atau Cordova, bagi yang belum tau saya akan sedikit menjelaskan apa itu PhoneGap dan Cordova.

PhoneGap dan Cordova itu merupakan sebuah framework yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile berbasis HTML5 dan CSS3 yang multi platform, jadi sekali membuat aplikasi atau kita sebut saja webapp, maka kita bisa build untuk beberapa device secara langsung. CMIIW

Saat ini yang didukung oleh framework itu adalah
  1. 1. Amazon Fire OS
  2. 2. Android
  3. 3. BlackBerry 10
  4. 4. iOS
  5. 5. Ubuntu
  6. 6. Windows Phone 7 & 8
  7. 7. Windows 8

Untuk PhoneGap itu sendiri bisa dibilang wadah untuk mengemas aplikasi berbasis HTML5 tersebut, sedang Cordova itu sebagai penghubung agar aplikasi kita nanti dapat mengakses hardware, seperti Kamera, GPS, dll. Untuk lebih jelas bisa dilihat disini.

Ok, langsung saja ke instalasi awal, pertama kita harus menginstall terlebih dahulu Android SDK, untuk Arch user bisa dilihat disini.

Setelah SDK terinstall, selanjutnya install Node.js karena untuk menginstall Cordova dan Phonegap itu menggunakan NPM dan itu bagian dari Node.JS untuk menginstall-nya bisa lewat AUR atau bisa dilihat disini. Setelah itu kita mulai install Cordova dan PhoneGap.
Untuk Cordova 
$ npm install cordova
untuk PhoneGap
$ npm install PhoneGap

setelah semua terinstall, untuk membuat project, kita lakukan dengan command line.
$ phonegap create NamaAplikasi
$ cd NamaAplikasi
$ cordova platform add android
$ phonegap install android

urutan itu dapat dijelaskan jadi, pertama membuat terlebih dahulu aplikasi project dalam sebuat folder, lalu dalam folder tersebut akan ada beberapa folder, untuk aplikasi HTML yang kita buat nanti disimpan di folder www dan secara default di dalaamnya ada file-file sample aplikasi HTML dan ada file .xml, untuk properties app bisa diedit dari file xml tersebut,

Untuk yang tidak memiliki device android, bisa terlebih dahulu membuat AVD atau virtual device, sedangkan yang mempunyai device android bisa langsung di-install-kan dengan menggunakan ADB, pada saat menuliskan command "phonegap install android" sebaiknya device sudah dalam keadaan terhubung dengan komputer dengan ADB, karena nanti akan otomatis terdeteksi device tersebut dan meng-install-kannya ke dalan device.

4 comments :

Aditya Darmawan mengatakan...

Sudah tiga hari saya cari-cari gimana cara bikin aplikasi android dengan phonegap dan cordova. Semuanya bertele-tele. Sampai akirnya saya nemu artikel ini. Thanks for the share!

Akbar Fitriansyah mengatakan...

untuk ios itu harus pakai xcode ya? bisa gak buatnya tanpa mac?
percuma cross platfrom jadinya

ryan mandira mengatakan...

gan itu saya coba diwindows perintahnya kuq gak bisa ya, ada saran gan???

latif mengatakan...

karena cobj cuma jalan di mac.

Poskan Komentar