Komparasi UC Browser dengan Opera Mini

Halo para pembaca setia tahutek.net, sudah lama saya tidak muncul untuk melakukan posting. baru saja libur panjang bagi saya, sehingga tidak banyak yang bisa saya lakukan. Hari ini saya akan membahas tentang UC Browser, salah satu browser cloud dengan teknologi cloud compressing terbaik dari UC China. Saya sudah menjadi pengguna setia dari UC Browser sejak 2 tahun lalu, dan hingga sekarang Browser ini menjadi browser utama di Smartphone saya.
Smarphone saya adalah Nokia E63, Symbian based phone. Saya akan melakukan komparasi antara UC Browser 9.0.1 (317) dengan Opera Mini 7.1 Next (32446).
untuk yang belum tahu UC Browser, bisa download disini

Berdasarkan informasi yang saya punya, UC Browser menggunakan engine U2 dan Opera Mini memadukan Presto, Pike dan zlib compressing, tetapi apakah dengan engine yang cukup rumit dan banyak ini menjamin Opera Mini yang selama ini di Indonesia terkenal bisa mengalahkan UC Browser? ternyata tidak lo! Dalam kenyataannya engine U2 milik UC Browser memiliki kecepatan rendering lebih baik daripada Opera Mini. Opera sendiri memiliki beberapa bug dalam Smarpage seperti yang dibawah ini

Tiba-tiba error ketika setelah refresh, hang, tidak bisa melakukan apapun!

Apakah anda penasaran dengan apa yang saya lontarkan? Mari kita buktikan dengan pengetesan!

Tools : JbakTaskman, Screensnap dan aplikasi penghitung data koneksi bawaan symbian.

Pertama, kita akan lakukan komparasi penggunaan memori RAM Opera Mini dengan UC Browser! Disini saya menggunakan JBak Taskman. Ini adalah aplikasi Task Manager Symbian yang sudah lama menjadi alat untuk mengecek berbagai aplikasi Symbian yang ibaratnya adalah Swiss Army Knife.


Opera Mini next memakan sekitar 833.3 K memory RAM di smartphone saya, sedangkan UC Browser memakan 2.1 MB RAM, memang ini adalah perbedaan yang jauh, tetapi sampai sekarang dengan RAM sebesar itu UC Browser tidak pernah crash di smartphone saya, tetapi yang Opera Mini malahan sering crash. Hal ini cukup aneh, tetapi crash yang terjadi pada Opera Mini sangatlah simple, ketika melakukan refresh pada smartpage dan menggeser umpan pada smartpage lalu Opera Mini langsung hang, layar langsung hitam, dan saya harus melakukan task Kill. Untuk UC Browser, saya rasa ini setimpal dengan tampilan aplikasi yang memiliki tema yang bagus serta memiliki kemampuan melakukan back sampai 50 halaman tanpa menggunakan internet.

Kedua, saya akan melakukan test kecepatan rendering masing-masing cloud browser ini pada situs terkenal seperti Google, Twitter, Facebook, Detik dan Tahutek.net :) Penghitungan dilakukan akurat dengan stopwatch, jaringan 3G dengan sinyal Bar penuh dengan kecepatan internet mencapai 50 KB/S

Google : UC Browser 3 s, Opera Mini 5 s
Facebook : UC Browser 3 s, Opera Mini 8s
Twitter : UC Browser 5 s, Opera Mini 9 s
Detik : UC Browser 5 s, Opera Mini 12 s
Tahutek.net : UC Browser 5 s , Opera Mini 8 s

Percobaan ini MURNI 100% Tanpa ada PERLAKUAN KHUSUS ATAUPUN MANIPULASI DENGAN TINGKAT KETEPATAN 99,99%.

Ketiga, saya akan mencoba melakukan downloading sebuah file yang besar dari sebuah situs, mari kita lihat apakah Kedua browser ini sanggup? Saya melakukan percobaan pemutusan koneksi internet secara paksa, apakah kedua browser ini tetap berusaha melakukan reconnecting?

File : ubuntu-12.04.2-desktop-i386.iso
url : ubuntu.com/download
besar : 700mb

Opera Mini : ketika melakukan download, dan diputus, tidak melakukan reconnecting - FAIL!
UC Browser : ketika melakukan download, dan diputus, kembali mendownload! - Berhasil






Hal ini saya lakukan karena kita ketahui bahwa di Indonesia internet sangatlah susah untuk bisa mendapatkan internet stabil dari ISP yang merupakan mobile operator, hingga saat ini hanya ada 3 ISP yang harga dan hasilnya yang didapat sama. Tidak perlu sebut merek pokoknya.

Keempat : Screenshot
Opera Mini: Tidak bisa
UC Browser : Bisa!

Kelima, penyimpanan halaman.
Opera Mini: Bisa menyimpan, tetapi jika aplikasi terhapus, tidak ada soft copynya. Alias halaman hilang!
UC Browser : Bisa menyimpang, dalam file terpisah, ketika aplikasi terhapus, jika masih ada file uthml’nya makan ketika dilakukan install ulang bisa dibuka kembali

Keenam, Offline download dan juga No bandwith upload - serta komparasi upload konvensional. Maksud disini adalah kita melakukan download tetapi ke server UC yang disediakan secara gratis dengan mendaftar, prosesnya mudah, tidak ribet, bisa dikonekan dengan Facebook ataupun akun google anda. No bandwith upload adalah uploading file dari udisk ke sebuah website, jadi sesekali kan kita sering mendownload sebuah file, tetapi kita membutuhnkan file itu untuk di upload ke web lain, dan kita tahu bahwa file itu besar, dan sering error, karena itu lebih baik menggunakan no bandwith upload, dimana file yang ingin diupload kembali di download ke UC Disk dan akhirnya diupload melalui UC Disk, simple.

Opera Mini : Tidak bisa, sering fail ketika upload, harus diulang-ulang.
UC Browser : Bisa melakukan semua yang ada diatas.
Skor Total : UC Browser menang di semua bidang! 6/6 test bisa! Opera Mini hanya 2/6.
Untuk beberapa hal lain lebih baik saya tidak lakukan komparasi lagi, dari sini, keenam fitur yang diujikan, UC Browser menang di keenam-enamnya, hal yang mencengangkan bukan? Dulu 2 tahun yang lalu saya berpikir bahwa Opera Mini adalah browser cloud satu-satunya, tetapi ternyata setelah saya mengenal UC Browser, hal tersebut berubah drastis, saya melihat bahwa UC Browser memiliki hal yang jauh lebih baik. Bahkan jauh dan tidak bisa dikomparasikan dengan Opera Mini. Sebutan yang menurut saya cocok untuk UC Browser adalah Mobile Cloud browser yang melebihi Kemampuan Desktop browser!

Dengan hal ini bagi para pembaca, bisa dilihat kan bahwa Opera Mini bertekuk lutut didepan UC Browser? hehehe... Saya tidak sedang mengejek Opera, tetapi dalam beberapa test kita sudah bisa lihat hasilnya ya mengecewakan sekali bukan untuk Opera Mini? Rendering lambat, dan juga tidak memberikan experience web yang cukup baik, bahkan ada beberapa fakta yang perlu saya beritahukan. Penghitungan Opera Mini data, yang ada didalam opera mini dengan yang saya check dijaringan berbeda sekali, jauh... dan itu membuat saya marah besar, karena setiap bulan ketika 2 tahun lalu internet mahal, tagihan bulanan internet saya bisa membengkak hanya untuk browsing dengan Opera Mini. Untuk Akhir ini saya menyarankan para pengguna semua bisa pindah menggunakan UC Browser di Symbian. Bahkan bukan hanya Symbian, UC Browser juga tersedia bagi banyak platform, bahkan sampai MTK sekalipun, dengan 400 Juta pengguna di seluruh dunia, kita bisa melihat Opera hanyalah sebuah perusahaan kecil yang bisa dibilang diambang kehancurannya. (Opera hanya memiliki 200 Juta pengguna diseluruh dunia dan itu sudah termasuk pengguna Opera Mini, Mobile, Desktop, itu jumlah yang sangat kecil, untuk Opera Mini sendiri jumlahnya memang 150 juta, dan sisanya adalah pengguna Mobile dan Desktop)

Kemarin pun mereka memutuskan Presto engine ditutup oleh Opera Software ASA dan menggunakan WebKit, ini menandakan bahwa Presto memanglah Gagal memenuhi kebutuhan konsumen dalam bidang. Mereka juga merumahkan sekitar 90 lebih karyawan dari 560 Karyawan.

Sekian dari saya. Bagi anda hal ini bisa menjadi bukti bahwa barang China tidaklah buruk seburuk yang kita pikirkan dan membuktikan Opera Mini memiliki pesaing yang jauh lebih kemampuannya diatasnya serta cocok untuk end user yang tidak suka mengalami error ketika berselancar dan hal yang lainnya :)

1 comments :

Vecker ID mengatakan...

masih bisa coba masuk ke sini ftp.lipi.go.id/ign/tutorial/Blender

Poskan Komentar