Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 2)

Pada tulisan Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 1) saya sudah mengulas tentang bagaimana mengunduh installer Debian 7.0 "Wheezy" serta sebagian dari proses instalasi. Tulisan ini berfokus pada penbuatan partisi dengan asumsi bahwa kalian memiliki hard-disk yang baru (atau ingin format ulang hard-disk) dan HANYA menginstal Debian 7.0 saja (tidak dual-boot). Bagaimana dengan yang dual-boot? Kasus tersebut insyaAlloh akan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Jika kalian berniat ingin menginstal Debian 7.0 saja di komputer, hal ini sangat mudah terutama dari segi partisi karena installer akan memandu kalian.


Baiklah, kita pilih saja "Terpandu - Gunakan seluruh harddisk" lalu klik "Lanjutkan" kemudian installer akan menunjukan harddisk yang akan dipakai, pilih dan klik "Lanjutkan". Installer merekomendasikan bahwa semua berkas ditaruh di satu partisi, hal ini disarankan untuk pemula. OK, kita pilih saja ini dan klik "Lanjutkan".


Installer akan meminta konfirmasi apakah kalian sudah yakin dengan partisi yang dibuat. Jika kalian sudah yakin, pilih "Selesai membuat partisi ....." lalu klik "Lanjutkan".


Installer akan mereview sekali lagi mengenai pembuatan partisi, jika sudah benar. Pilih "Ya" dan klik "Lanjutkan".


Proses partisi selesai! Mudah bukan? Langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Langkah ini akan saya bahas pada bagian selanjutnya. Pada bagian 3, insyaAlloh saya akan menulis tentang panduan pembuatan partisi jika kalian ingin dual-boot dengan Windows atau sistem operasi lain.

Berlanjut ke Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 3) - Habis

1 comments :

Susan mengatakan...

Terimakasih untuk admin, artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk saya yang ingin mencoba menggunakan OS Debian Linux.

Poskan Komentar