Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 3) - Habis

Pada tulisan berjudul Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 2), saya telah menulis panduan membuat partisi untuk instalasi Debian dengan kasus hard-disk kosong dan HANYA akan diinstal Debian di dalamnya. Pada bagian ini, saya akan memberi panduan bagaimana membuat partisi jika sudah ada Windows atau sistem operasi lain di dalamnya atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah dual-boot.


Pilih "Manual" dan klik "Lanjutkan" sehingga installer akan menampilkan konfigurasi partisi yang sudah kalian miliki.


Sebagaimana yang nampak pada gambar di atas, saya mempunyai 100GB hard-disk dengan pembagian #1 (/dev/sda1) sekitar 50GB dipakai untuk drive C di Windows dan #5 (/dev/sda5) sekitar 20 GB dipakai untuk drive D di Windows. Saya memiliki space kosong sekitar 30 GB. Nah, saya ingin menggunakan sisa partisi ini untuk menginstal Debian 7.0. Caranya pilih atau sorot partisi yang kosong tersebut dan klik "Lanjutkan".


Akan muncul pilihan seperti di bawah ini.


Selanjutnya, cara yang paling mudah adalah menggunakan pilihan "Partisi ruang kosong secara otomatis". Installer secara otomatis akan membuatkan partisi untuk kalian! Baiklah pilih "Partisi ruang kosong secara otomatis" dan klik "Lanjutkan". Sehingga muncul pilhan seperti di bawah ini:


Nah, untuk pemula, disarankan memilih "Semua berkas di satu partisi" lalu klik "Lanjutkan" sehingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Pilih "Selesai mempartisi ...." lalu klik "Lanjutkan". Selanjutnya akan muncul review dari partisi yang telah dibuat. Pilih "Ya" dan klik "Lanjutkan".


Pada langkah selanjutnya, installer akan mengunduh file-file yang dibutuhkan untuk melanjutkan instalasi. Silakan tunggu sampai proses tersebut selesai sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


Pada tahap ini, kalian diminta untuk memilih mirror untuk mengunduh file-file aplikasi atau yang lebih dikenal dengan istilah repository, silakan pilih sesuai kesukaan, prinsipnya, semakin dekat lokasi server dengan lokasi kalian berada maka proses unduh berjalan lebih cepat.


Kalian juga diminta untuk mengatur proxy jika kalian tidak menggunakan proxy, kosongi saja lalu klik "Lanjutkan".


Selanjutnya installer akan mengunduh beberapa file yang dibutuhkan. Harap bersabar sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.


Kalian diminta untuk memilih paket aplikasi-aplikasi yang akan diinstal. Saya menyarakan kalian menginstal "Debian desktop environment" dan "Perkakas sistem standar" kemudian klik "Lanjutkan". Sehingga installer akan mengunduh lagi file-file yang dibutuhkan, ini merupakan proses yang paling lama tergantung paket aplikasi yang dipilih dan kecepatan koneksi Internet.


Nah, silakan tunggu sampai proses unduh selesai, untuk selanjutnya kalian cukup mengikuti petunjuk di layar (tinggal beberapa langkah mudah).

Semoga berhasil.

0 comments :

Poskan Komentar