Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 1)

Selamat pagi dan selamat berakhir pekan! Pada kesempatan kali ini saya ingin memberi tutorial instalasi Debian 7.0 "Wheezy" langkah demi langkah dilengkapi dengan skrinsut. Ada yang mengatakan Debian merupakan "Mother of Linux", banyak distribusi Linux yang menggunakan Debian sebagai sumbernya seperti Ubuntu dan BlankOn :CMIIW. Untuk melihat berita mengenai dirilisnya Debian 7.0 "Wheezy" silakan klik di sini.


Sebenarnya menginstal Debian 7.0 Wheezy sangat mudah terutama bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan dunia Linux. Tulisan ini saya tujukan bagi para pemula yang ingin mencoba dan mengasah kemampuan ber-Linux dengan menginstal Debian. Silakan menyimak.

Download Debian 7.0 Wheezy
Pertama kali tentu saja kalian harus mengunduh installer Debian 7.0. Ada banyak pilihan installer Debian tergantung dari arsitektur sistem kalian (32bit, 64bit, ARM, dan lain-lain). Debian menyediakan berbagai macam cara untuk menginstal. Kalian bisa mengunduh image "Net Install" dimana kalian membutuhkan koneksi Internet ketika menginstal dan mengunduh installer FULL dalam bentuk DVD tentu saja filenya sangat besar. Dalam tulisan ini saya menggunakan net install karena installernya sendiri hanya berukuran 200-an MB. Silakan kunjungi halaman ini untuk memilih dan mengunduh installer yang sesuai kebutuhan dan keadaan kalian. Setelah proses unduh selesai, "bakar" ke CD/DVD agar bisa dipakai untuk booting.


Tampilan awal installer Debian 7.0
Berikut tampilan awal installer Debian 7.0 Wheezy:


Pilih "Graphical install" dan tekan "Enter" sehingga muncul pertanyaan seperti di bawah ini:


Kalian diminta untuk memilih bahasa selama proses instalasi, Debian 7.0 menyediakan banyak bahasa untuk proses ini termasuk Bahasa Indonesia. Pilih Bahasa yang kalian suka dan klik "Continue" sehingga muncul tampilan seperti ini:


Kalian akan diminta untuk menentukan lokasi. Pilih saja Indonesia lalu klik "Continue". Selanjutnya kalian untuk diminta menentukan jenis keyboard yang dipakai. Pilih saja "Inggris Amerika" dan klik "Continue".

Selanjutnya kalian akan diminta untuk melakukan konfigurasi jaringan. Jika kalian bingung, biarkan saja default lalu klik "Continue".


Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan password untuk root alias admin.


Nah, sekarang saatnya membuat pengguna, pertama kalian akan diminta untuk mengisikan nama lengkap dari pengguna, username, dan password untuk pengguna tersebut.




Pengaturan pengguna selesai! Sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi waktu.


Untuk proses selanjutnya adalah proses partisi yang cukup membingungkan untuk pemula. Proses ini akan saya jelaskan pada bagian selanjutnya karena membutuhkan kesabaran saya dalam menulis dan mengambil skrinsut satu demi satu, tentu saja dibutuhkan kondisi tubuh yang 100% alias tidak capek dan ngantuk :D

Lanjut ke Langkah Demi Langkah Instalasi Debian 7.0 "Wheezy" (Bagian 2)

0 comments :

Poskan Komentar