Hal-Hal Keren Yang Bisa Dilakukan VLC Media Player

VLC Media Player merupakan salah satu aplikasi open source yang sukses di pasaran. Selain kemampuannya dalam memutar berbagai format audio dan video, ternyata VLC juga mempunyai beberapa fitur keren yang mungkin jarang kita gunakan. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas beberapa fitur tersebut. Silakan menyimak!

1. Merekam aktivitas layar (screencast)
VLC Media Player ternyata dapat kita gunakan untuk merekam aktivitas layar alias screencast. Di Linux sendiri, sudah ada berbagai macam aplikasi untuk melakukan screencast seperti Eidete dan gtkRecordMyDesktop. Meskipun kinerjanya tidak sebagus aplikasi-aplikasi tersebut, VLC cukup mumpuni untuk melakukan screencast. Bagaimana melakukannya? Cukup buka VLC, lalu pilih menu "Media > Open Capture Device..." atau tekan tombol singkat CTRL + C. Pada bagian "Capture Mode" pilih "Desktop" serta jangan lupa memilih "Convert" untuk menyimpan hasil screencast. Untuk mengakhiri screencast, cukup tekan tombol stop lalu tutup aplikasi VLC.


2. Merekam video lewat Webcam
Fitur keren berikutnya adalah merekan video lewat Webcam. Caranya hampir sama dengan nomor 1 di atas, cukup ganti Capture Mode menjadi "Video for Linux 2". Mudah bukan?


3. Meng-convert video
VLC juga dapat digunakan untuk meng-convert video. Namun, kita harus memutar video tersebut dari awal sampai akhir. VLC akan memutar video tersebut sekaligus meng-convert video tersebut. Caranya pilih menu "Media > Convert / Save..." atau tekan CTRL + R di papan ketik. Tekan tombol "Add..." untuk menambahkan file yang ingin di-convert.


4. Mengambil screenshot dari video yang diputar
Jika kalian ingin mengambil gambar  dari video yang sedang diputar, entah mau dijadikan wallpaper atau dipamerkan kepada teman, kalian dapat melakukannya di VLC. Cara klik kanan pada video yang diputar, pilih "Video > Take Snapshot...".


Ingin menambahkan? Tulis di komentar.

10 comments :

R Agung Handoko mengatakan...

wah gan klo yang video capture pake webcam baru tau nih
tau gini mah gak usah install cheese ya, tengkiu infonya

Damar Riyadi mengatakan...

Sip, sama-sama gan :)

Paten Pisan mengatakan...

Bisa mencari subtitle juga dengan bantuan ekstensi  http://bloglinux-patenpisan.blogspot.com/2012/02/vlsub-ekstensi-vlc-extension-untuk.html

Damar Riyadi mengatakan...

Nice! Terima kasih sudah mau berbagi di sini :)

Uptsejangkung mengatakan...

 ini baru muantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaappppppppp

Rojack mengatakan...

makasih triknya gan. update lagi trick fitur VLC nya

Damar Riyadi mengatakan...

Siap, sama-sama gan, silakan tunggu tulisan-tulisan berikutnya :)

Mas Suwondo mengatakan...

Ada lagi lho kegunaannya yang tak kalah keren, yaitu sesuai namanya : Video LAN Client, yaitu sebagai streaming video via jaringan. Tapi setting nya emang gak bisa instan, harus mau setting ribet.

Dingbat89 mengatakan...

piye mas? ada tutorialnya ngak?

kim Momo mengatakan...

caranya mengconvert video settingnya gimana kk??

Poskan Komentar