Tizen, sebuah OS smartphone baru berbasis Linux

Pada pasar OS smartphone yang sudah sangat ketat ini, muncul lagi sebuah nama baru: Tizen. Tizen merupakan OS berbasis Linux yang didukung langsung oleh The Linux Foundation, juga beberapa perusahaan besar seperti Intel dan Samsung.

Hah? Intel?
Iya, Intel. Lalu bagaimana dengan proyek MeeGo mereka? Mati. Begitu juga untuk Bada OS-nya Samsung. Tizen akan dipimpin [pengembangannya] oleh Samsung dan Intel, beserta LiMo Foundation yang terdiri atas Panasonic, NEC-Casio, SK Telecom dan Vodafone antara lain.

Aplikasi-aplikasi Tizen akan diulah dengan bahasa HTML5 dan standar web lainnya, dan akan dispesialisai untuk berbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, smart-TV, dan netbook (kurang lebih seperti Ubuntu sekarang).

Jika Anda seorang pengembang yang tertarik untuk melihat dan troubleshooting Tizen, Anda dapat mengunduh Tizen beserta SDK resminya. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat melihat situs resmi Tizen. Screenshot Tizen tersedia di artikel sumbernya di Rootzwiki.com
Catatan sedikit: jika Anda tidak tahu tentang pemrograman aplikasi, sangat disarankan untuk tidak mencoba Tizen versi beta ini.

- terima kasih kepada Rootzwiki.com

1 comments :

Zulfindra Juliant mengatakan...

intel + linux - meego + samsung = tizen

Poskan Komentar