Mengapa Saya Ngeblog?

Jika teman-teman perhatikan, akhir-akhir ini TahuTEK.net jarang update. Hal itu disebabkan selain karena saya sibuk, saya juga sudah mulai "malas" nge-blog, rasanya sudah hilang semangat saya ngurusin TahuTEK.net. Sampai akhirnya saya iseng-iseng browsing dan menemukan satu artikel menarik yang mungkin teman-teman sesama blogger dapat mengambil manfaat darinya. Tulisan di artikel tersebut memang ada benarnya, saya sudah kehilangan tujuan saya nge-blog dengan kata lain saya tidak bisa menjawab pertanyaan "Why Do You Blog?".


Membuat blog memang perkara yang mudah namun mengurusinya yang susah. Kunci utama agar dapat konsisten nge-blog adalah mengetahui alasan mengapa kita nge-blog. Berikut saya share beberapa alasan atau tujuan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman sesama blogger agar bisa konsisten dalam menekuni dunia blogging.
1. Tujuan Politik atau Agama
Blog biasanya dijadikan media menyebarkan pesan-pesan politik kepada masyarakat seperti visi dan misi organisasi, kampanye, media penyaluran aspirasi dan lain-lain. Bisa juga untuk agama, seperti artikel dakwah, konsultasi agama, atau untuk membahas keilmuwan mengenai agama.

2. Menjalin hubungan dengan orang lain
Blog ini dibuat murni untuk "berbagi" yaitu menjalin persahabatan, solidaritas, dan apresiasi dari pembacanya. Isinya bisa berupa berita penting, tutorial, opini, dan lain-lain.

3. Jurnal atau buku harian pribadi
 Blog ini bertujuan untuk mem-publish jurnal atau karya ilmiah dari penelitian yang dikerjakan, curhat, berbagi ide, diary, atau dokumentasi "petualangan" yang dilakukan.

4. Blog untuk mendapatkan profit
Blog ini dibuat untuk mendapatkan profit, sebagaimana teman-teman sudah ketahui, sekarang banyak program-program afiliasi seperti Amazon dan Google Affiliate Network, program iklan seperti Google AdSense, TribalFusion dll. Atau untuk menjual konten-konten premium seperti template blog, materi pembelajaran dan lain-lain.

5. Menunjukkan keahlian
Blog ini dibuat untuk tujuan portofolio yang sangat membantu ketika mencari pekerjaan. Misal teman-teman pandai dalam pemrograman maka kalian membuat blog yang memuat artikel dan tutorial membuat berbagai aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu. Atau mungkin teman-teman jago fotografi, maka kalian membuat blog untuk memasang hasil jepretan kamera.

6. Menguatkan SEO
Google dan search engine lain menyukai konten yang fresh alias situs yang sering di-update. Misal kalian mempunyai situs yang menjual sebuah produk yang jarang berubah baik dari segi harga atau spesifikasinya. Kalian pasti akan jarang melakukan update, apanya yang mau di-update gan? Mungkin itu pertanyaan yang muncul. Solusinya dari pertanyaan itu adalah membuat blog untuk memperkuat SEO mengenai produk kalian, blog bisa berisi testimoni pelanggan, kupon diskon dan lain-lain.

Lalu di mana posisi saya?
Secara pribadi, TahuTEK.net awalnya saya buat dengan tujuan nomor dua yaitu menjalin hubungan dengan orang lain. Namun, seiring berjalannya waktu, kuliah sambil kerja untuk cari makan dan membayar biaya kuliah, dan mulai mengetahui "kerasnya" dunia kerja saya mulai beralih tujuan ke nomor lima yaitu "Menunjukkan keahlian". Saya mahasiswa gan, yang nantinya akan melamar kerja dan tentu saja, sebagai mahasiswa Teknik Informatika, IPK tidak berpengaruh besar dalam dunia kerja, yang diutamakan adalah skill. Oleh karena itu, portofolio menjadi hal yang sangat penting ketika melamar kerja. Mungkin ke depannya, TahuTEK.net tidak hanya menyajikan informasi seputar Ubuntu/Linux saja tetapi juga mengenai dunia pemrograman karena saya sendiri mengambil konsentrasi pemrograman terutama pemrograman web di kampus saya. HTML, CSS, PHP, JQuery, Python, Java dan isu-isu seputar web insyaAlloh akan saya pelajari dan akan saya bagi di sini agar bisa menjadi portofolio saya sekaligus media informasi dan pembelajaran bagi teman-teman semua :)

Itu tujuan saya ngeblog, apa tujuanmu?


Jika ada tambahan, kritik, dan saran harap tulis di komentar ya gan :)

Dikutip dan digubah seperlunya dari: socialmediatoday.com

7 comments :

dicvic mengatakan...

salam kenal. saya juga pengguna blogger.jarang juga update di blog. semua yang tertulis di atas benar. tapi manusia punya rasa males. nah obat males itu ada engga di jual. heee.

Purwadi mengatakan...

Setuju agan damar!!!:D

Damar Riyadi mengatakan...

Obat males == motivasi. Itulah sebabnya motivator laris manis di Indonesia :D

Damar Riyadi mengatakan...

Terima kasih agan Ipung! :D

Archit3x mengatakan...

wah... terkena sindrom "malas" juga mastah :D
jangan sampai ppa-tahuteknya juga kena hehe
Semangat mastah.....!

Damar Riyadi mengatakan...

Ahaha, iya gan, karma saya di Launchpad tinggal 664 padahal dulu nyampe 2000-an :D

IO Alyaa mengatakan...

Secara pribadi, TahuTEK.net awalnya saya buat dengan tujuan nomor dua yaitu menjalin hubungan dengan orang lain. Namun, seiring berjalannya waktu, kuliah sambil kerja untuk cari makan dan membayar biaya kuliah, dan mulai mengetahui "kerasnya" dunia kerja saya mulai beralih tujuan ke nomor lima yaitu "Menunjukkan keahlian". Saya mahasiswa gan, yang nantinya akan melamar kerja dan tentu saja, sebagai mahasiswa Teknik Informatika, IPK tidak berpengaruh besar dalam dunia kerja, yang diutamakan adalah skill. Oleh karena itu, portofolio menjadi hal yang sangat penting ketika melamar kerja. Mungkin ke depannya, TahuTEK.net tidak hanya menyajikan informasi seputar Ubuntu/Linux saja tetapi juga mengenai dunia pemrograman karena saya sendiri mengambil konsentrasi pemrograman terutama pemrograman web di kampus saya. HTML, CSS, PHP, JQuery, Python, Java dan isu-isu seputar web insyaAlloh akan saya pelajari dan akan saya bagi di sini agar bisa menjadi portofolio saya sekaligus media informasi dan pembelajaran bagi teman-teman semua :) < = like 80 kak

keknya saya masih harus  banyak belajar kak, ijin ngikutin kak , saya pelajar belum kuliah,  .. belum ngerasain kerasnya hidup ..

Posting Komentar