Mempercepat Booting Ubuntu

Selamat pagi teman-teman, selamat berakhir pekan. Sebelumnya ijinkanlah saya meminta pendapat tentang tampilan baru Tahutek, bagimana menurut Anda? Desain masih belum selesai, dan akan saya perbaiki sambil jalan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari teman-teman sangat berarti bagi saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi trik untuk mempercepat booting Ubuntu (dan Linux pada umumnya). Trik ini saya dapatkan dari blog sahabat saya yaitu Ubuntu Buzz!, menurut penulisnya, trik ini dapat memangkas waktu booting sebanyak 7 detik. Lumayan kan? Trik ini patut dicoba karena caranya yang cukup mudah.


Ketika booting, GRUB akan mencari dan memuat seluruh driver yang dibutuhkan. Tentu saja, hal ini memakan waktu yang cukup lama terlebih lagi jika ada kesalahan ketika memuat driver yang dibutuhkan tersebut. Nah, trik kali ini adalah memangkas pencarian driver yang dilakukan oleh GRUB tersebut dengan membuat semacam "profile" yang akan dipakai GRUB ketika booting. GRUB tidak akan melakukan pencarian, tapi langsung memuat dari profile yang telah dibuat tadi. Untuk melakukannya, kalian harus melakukan pengeditan pada file "/etc/default/grub" dan mengubah baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile”. Langkahnya, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo gedit /etc/default/grub
Jendela Gedit akan terbuka dan menampilkan isi dari file "/etc/default/grub", temukan baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” dan ubah menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile”. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:


Simpan perubahan, kemudian ketik perintah berikut untuk meng-update GRUB dengan setingan yang baru:
sudo update-grub2
Lalu restart komputer kalian. GRUB membutuhkan sekali proses booting untuk membuat profile yang akan "diingat" ketika melakukan proses booting lagi nantinya. Setelah komputer menyala, kembalikan baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile” seperti semula yaitu GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”. Lalu update lagi GRUB dengan perintah yang sama:
sudo update-grub2
Tambahan: gunakan semua Core CPU ketika booting
Jika kalian mempunyai prosesor multi-core, kalian dapat menggunakan trik tambahan ini yaitu mengedit file "/etc/init.d/rc". Berikut langkahnya:
Buka Terminal dan ketik perintah berikut:
sudo gedit /etc/init.d/rc
Jendela Gedit akan terbuka dan menampilkan isi file "/etc/init.d/rc", cari baris yang bertuliskan CONCURRENCY=none atau CONCURRENCY=makefile. Ubah baris tersebut menjadi CONCURRENCY=shell.


Simpan perubahan yang telah dilakukan.

via: Ubuntu Buzz!

15 comments :

Rhosy mengatakan...

Menurut saya blog agan dah bagus. Soalnya enak di buka hp. Loadingnya cepet.
Dan thank ych gan atas triknya ini. Saya ijin c0ba dulu ..

La Idris Enka mengatakan...

bukannya kalo ganti /etc/default/grub bisa berefek kalo di sudo update-grub

La Idris Enka mengatakan...

bukannya kalau edit /etc/default/grub bisa berefek kalau di sudo update-grub?

#sori kalo salah

Damar Riyadi mengatakan...

Anda benar, saya jadi sadar kalau ada satu step yang terlewatkan. Terima kasih atas koreksinya :)

Kubu5subang mengatakan...

izin copas gan.. di blog komunitas kami,,, 

Damar Riyadi mengatakan...

Silakan, jangan lupa sertakan URL sumber :)

Somic Try mengatakan...

Gan tanya lagi, kalau mau mengembalikan seperti semula gimana (sebelum menggunakan "profil seperti di atas" maksudnya?

Damar Riyadi mengatakan...

Ubah:
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash profile”
Menjadi
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”

La Idris Enka mengatakan...

 maksudnya itu di atas kan skrg kalo ubuntu boot tdk usah mencari semua driver krn sudah ada profil, yang ane maksud gmn caranya profil itu dihapus? Jadi ubuntu kalo boot kembali lagi seperti sebelumnya, harus mencari semua driver. Gmn tuh caranya?

Damar Riyadi mengatakan...

Saya tidak yakin "profile" ini adalah sebuah file yang dapat dengan mudah dihapus begitu saja dan terus terang saya belum ngoprek mencari-cari dimana file itu disimpan. Sekedar tambahan informasi "profiling" ini juga berjalan ketika Anda selesai mengupdate Kernel. Jadi, menghapus file ini bukanlah perbuatan yang bijak (bisa jadi malah terjadi kernel panic).
Jika ingin mencari semua driver lagi, tambahkan lagi entri "profile" di GRUB dan ikuti langkah di atas. Hal ini lebih hemat waktu dan pikiran daripada harus mencari dan menghapus file "profile" yang Anda maksud kemudian menghapusnya.

EmberCopong mengatakan...

gan untuk tampilan depan,.. kalo bisa ada archive/label nya gan.. biar mudah menelusuri.. 

Rizal Rahman mengatakan...

coba dulu ye gan :)

Damar Riyadi mengatakan...

Sip, terima kasih atas masukannya gan :)

Damar Riyadi mengatakan...

Silakan gan :)

muava mengatakan...

kok file "/etc/default/grub" di ubuntu saya (raring) kosong ya?

Poskan Komentar