Ebook: The Linux Command Line

Kebanyakan pengguna komputer akhir-akhir ini sudah terbiasa dengan tampilan grafis alias Graphical User Interface (GUI) dan banyak yang menyangka menggunakan command line atau baris perintah merupakan hal yang sulit. Tentu saja hal tidak benar, karena command line merupakan cara berkomunikasi dengan komputer yang "mirip" dengan cara berkomunikasi di dunia nyata. Mengetik perintah di command line bisa diibaratkan menulis surat atau SMS untuk teman kita. Mungkin ada benarnya orang yang berkata:
"Graphical user interfaces make easy tasks easy, while command line interfaces make difficult tasks possible"
Terjemahan bebas dari pernyataan di atas adalah: Graphical User Interface membuat pekerjaan mudah menjadi mudah, tapi Command Line Interface membuat pekerjaan yang sulit mungkin untuk dikerjakan.


Oleh karena itu, jika kalian ingin mahir berkomputer apalagi di dunia Linux, mulailah belajar tentang command line dari sekarang. Ada banyak referensi untuk belajar baris perintah di Linux, salah satunya adalah ebook yang akan saya share di sini.

Ebook ini bertajuk "The Linux Command Line" tulisan William E. Shotts, Jr. Dengan jumlah halaman yang mencapai 522, kalian akan diajak mengenal command line di Linux mulai dari awal sampai menjadi mahir. Ebook ini dibagi menjadi lima bagian:
Bagian 1 Introduction
Berisi latar belakang, mengapa harus membaca buku ini, dan lain-lain.

Bagian 2 Learning The Shell
Bereksplorasi dengan bahasa dasar command line.

Bagian 3 Configuration and The Environment
Bagaimana mengedit konfigurasi yang mengatur perilaku command line.

Bagian 4 Common Tasks and Essential Tools
Membahas perintah-perintah yang sering digunakan dan perintah yang berguna lainnya.

Bagian 5 Writing Shell Script
Bagian ini adalah bagian puncaknya, kalian akan ditantang untuk menulis shell script sendiri alias membuat program dengan bahasa shell!

Baiklah, jika kalian tertarik untuk membaca ebook ini atau hanya sekedar menambah koleksi, silakan klik tautan di bawah ini untuk mengunduh:

Unduh Ebook: The Linux Command Line

Ilmu itu diukur dengan tiga jengkal: Apabila seseorang sampai pada jengkal pertama maka dia akan membanggakan diri, apabila sampai pada jengkal kedua dia akan bersifat tawaddu' (merendahkan hati),apabila sampai pada jengkal ketiga dia akan menyadari bahwa dia sebenarnya tak mengetahui apa-apa.

7 comments :

borishrava mengatakan...

Thanks broooo

Damar Riyadi mengatakan...

Sama-sama bro :)

farikhsaba mengatakan...

Izin ngunduh...*belajar command line

I Putu Wahyudi Sucipta mengatakan...

entah kenapa lebih memilih pake CLI dari pada GUI..terasa lebih cepat dalam membuka aplikasi dibandingkan lewat gui, walau mesti menghapal semua nama2 programnya..
sering, errror yg muncul pada OS lebih cepat diselesaikan dengan menggunakan CLI..

Lukman Hakim mengatakan...

angka ikut ..
maksud saya, saya ngikuti teman-teman aja ..
saya manut kok ..

Damar Riyadi mengatakan...

Maksud Anda apa gan? :D

Wkwkwk mengatakan...

:D

Poskan Komentar