[Ubuntu] Mengubah Boot Default di GRUB

Kebanyakan komputer yang beredar di pasaran saat ini hadir dengan kapasitas hard-disk yang cukup besar. Di sisi lain, semakin banyak distribusi Linux beredar dengan membawa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adanya kedua faktor tersebut, secara langsung atau tidak, dapat "menarik" pengguna untuk menginstal dua atau lebih sistem operasi dalam satu komputer yang biasa diistilahkan dengan multiple boot. Entah itu memang kebutuhan, membuat review, atau hanya sekedar iseng mencoba. Untungnya, Linux menyediakan aplikasi yang bernama GRUB yang dapat mempermudah kita dalam memilih sistem operasi apa yang akan dijalankan ketika menyalakan komputer. Biasanya, GRUB langsung menghidupkan sistem operasi default setelah durasi tertentu jika kita tidak menentukan pilihan. Misal, jika default sistem operasi kita adalah Ubuntu, maka GRUB akan langsung menghidupkan Ubuntu jika kita tidak menentukan pilihan ketika menu GRUB muncul. Terkadang hal ini, cukup merepotkan apalagi ketika konsentrasi kita sedang teralihkan dan kelupaan menekan keyboard untuk memilih sistem operasi lain (seperti Windows). Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi ringan mengenai cara mudah mengubah default sistem operasi pada GRUB.


Sebagaimana yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, menu di GRUB diberi nomor dengan urutan 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. Secara default, GRUB akan menyalakan sistem operasi pada urutan ke-0 jika user tidak menentukan pilihan. Silakan buka file "/boot/grub/grub.cfg" dengan perizinan root:
sudo gedit /boot/grub/grub.cfg
Perhatikan tulisan set default="0" !


Nah, yang perlu kalian lakukan adalah mengubah angka "0" menjadi nomor urut sistem operasi yang kalian inginkan, dalam contoh ini, jika kalian ingin menghidupkan sistem operasi Windows secara default maka ubah angka "0" menjadi "4". Ingat! Urutan penghitungan entri di GRUB dimulai dari 0 (nol).

Jangan lupa menyimpan perubahan yang telah kalian lakukan, kemudian restart komputer untuk merasakan efeknya.


Semoga bermanfaat.

4 comments :

Moko mengatakan...

ini dia info yang saya cariii.... makasihh makasihhhh

hok00age mengatakan...

@Moko: Sama-sama bro :D

Anonim mengatakan...

kalau mempercantik grub gimana gan???

hok00age mengatakan...

@Anonim: Artikel agak jadul:
http://www.tahutek.net/2010/07/ubuntu-percantik-tampilan-boot-loader.html

Poskan Komentar