[Ubuntu] Instal Rainlendar di Ubuntu

Setiap manusia pasti pernah mengalami kelupaan, terutama lupa akan jadwal dan kegiatan yang seharusnya dilakukan pada hari dan tertentu. Terlebih lagi mahasiswa seperti saya yang biasanya banyak tugas dengan deadline-nya masing-masing. Mencatat (dan mengingat) deadline tugas-tugas yang ada, otomatis akan memberi kemudahan kepada saya untuk menyusun "skala prioritas" tugas mana yang harus dikerjakan dulu. Untungnya, saya sebagai pengguna Ubuntu dipermudah dengan adanya aplikasi yang bernama Rainlendar.


Rainlendar merupakan aplikasi kalender yang dapat dikustomisasi yang dapat mencatat dan menampilkan jadwal-jadwal penting langsung dari desktop kita. Rainlendar juga mendukung skin, jadi kita dapat merubah tampilan kalender dengan mudah. Bukan hanya itu, Rainlendar juga menyediakan versi native untuk Linux, Windows, dan Mac!

Instal Rainlendar di Ubuntu
Untuk menginstal Rainlendar di Ubuntu kalian harus mengunduh terlebih dahulu file *.deb-nya di sini. Setelah proses unduh selesai, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo dpkg -i rainlendar2-lite_2.9.b111-1_i386.deb
sudo apt-get -f install
Jika proses instalasi berjalan dengan lancar, Rainlendar dapat diakses di bagian menu "Office".

Jalankan Rainlendar setiap komputer menyala
Agar Rainlendar dijalankan secara otomatis ketika komputer menyala, kalian harus menambahkannya ke dalam "Startup Program", caranya klik "Control" kemudian pilih "System Settings"


Kemudian pada jendela "Control Center" pilih "Startup Application".


Kemudian klik "Add" pada jendela "Startup Application Preferences" lalu edit isian yang diminta seperti gambar di bawah ini:


Jangan lupa untuk mengklik "Add" jika sudah selesai mengedit.

Konfigurasi Rainlendar
Untuk melakukan konfigurasi Rainlendar, kalian cukup klik kanan pada Rainlendar yang berjalan di desktop kemudian pilih "Options..."


Menginstal skin
Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, Rainlendar mendukung skin sehingga kita dapat mengubah tampilan kalender dengan mudah. Pertama kali kalian harus memilih dan mengunduh skin yang kalian inginkan di sini. Setelah proses unduh selesai, ekstrak file arsip yang barusan diunduh, kemudian salin folder hasil ekstraksi ke "/home/username/.config/.rainlendar2/skins". Jika kalian tidak mendapat folder "skins" maka kalian harus membuatnya terlebih dahulu.


Inspirasi: Liberian Geek

2 comments :

Anonim mengatakan...

kalau dari ubuntu 10.04 gimana caranya supaya rainlendar jalan saat komputer menyala?

hok00age mengatakan...

@Anonim: System > Preferences > Startup Applications

atau ketik perintah di Terminal:

gnome-session-properties

Poskan Komentar