[Ubuntu] Takeoff: Plasma Widget Mirip Slingshot Launcher untuk Desktop KDE

Beberapa hari yang lalu, TahuTEK.net pernah memuat artikel tentang Slingshot Launcher yang berjalan pada desktop manager GNOME. Kini, para pengguna desktop KDE pun bisa menikmati fitur yang hampir sama yaitu menampilkan menu dalam modus full-screen dengan bantuan plasma widget bernama Takeoff. Karena aplikasi ini merupakan plasma widget, jadi seharusnya dapat berjalan pada KDE 4.6 atau yang lebih baru di semua distribusi Linux.


Instalasi di Kubuntu 11.04
Sebenarnya sudah tersedia paket *.deb untuk Takeoff, namun kalian harus memiliki KDE versi 4.7 untuk dapat menginstalnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan PPA dari Kubuntu Backports, perlu diketahui dengan menambahkan PPA Kubuntu Backports berarti kalian harus siap menghadapi berbagai error yang mungkin terjadi karena PPA tersebut bukanlah PPA resmi tim Kubuntu. Jika kalian sudah yakin ingin menginstalnya, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade
Jika semua proses berjalan dengan lancar, seharusnya kalian sudah mempunyai KDE 4.7 terinstal di komputer. Sekarang saatnya mengunduh file *.deb dari Takeoff dengan meng-klik tautan ini. Setelah proses unduh selesai klik ganda file tersebut atau ketik perintah berikut di Terminal untuk menginstal:
sudo dpkg -i takeoff_0.2.0.deb
Jika Takeoff sudah terinstal, kalian bisa menambahkan widget tersebut di desktop KDE yang kalian pakai.

Ingin yang lebih menantang?
Jika kalian tidak ingin menambahkan PPA dari Kubuntu Backports dengan berbagai alasan. Silakan instal (baca: kompile) Takeoff dari source, unduh dulu source code-nya di sini, lalu lakukan proses compile dengan petunjuk (file README) yang ada ada file arsip yang kalian unduh. Sayang sekali saya tidak bisa memberi petunjuk langkah demi langkah proses compile-nya karena saya tidak menggunakan KDE pada saat ini. Itulah sebabnya tadi saya bilang "Ingin yang lebih menantang?" ^_^V

Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar