[Lainnya] BlankOn Linux 7.0 Pattimura Versi Final Telah Dirilis

Bertepatan dengan HUT RI yang ke-66, Tim Pengembang BlankOn mengumumkan dirilisnya versi terbaru dari distribusi BlankOn Linux yaitu versi 7.0 dengan nama kode "Pattimura". BlankOn 7.0 Pattimura menggunakan kernel 3.0.1 dan lingkungan desktop GNOME yang digabung dengan BlankOn Panel yang merupakan hasil karya para pengembang BlankOn. Dan seperti biasanya, BlankOn 7.0 Pattimura juga hadir dengan antar muka Bahasa Indonesia plus berbagai aplikasi perkantoran, multimedia, internet, dan lain-lain.


Berikut beberapa aplikasi dan fitur yang ditambahkan di BlankOn 7.0 Pattimura:

Aksara Nusantara
Pattimura mendukung enam jenis '''Aksara Nusantara''', yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Rejang dan Jawa merupakan penambahan terbaru di versi ini.


Kamus cepat Stardict
Pattimura menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui repository BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.


Web browser Chromium
Pattimura menyertakan web browser Chromium versi 15 untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman dan sudah mendukung HTML5.


Pemutar lagu Exaile
BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, Inkscape, dan sebagainya.


Modem USB flip-flop
Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi Linux. BlankOn 7.0 Pattimura mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan BlankOn 7.0 Pattimura.

Album foto Shotwell
BlankOn 7.0 Pattimura menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.


Bagi teman-teman yang tertarik untuk memakai distribusi Linux karya anak bangsa ini silakan klik tautan di bawah ini untuk mengunduh:


9 comments :

awan mengatakan...

bisa di instal di netbook ga gan?bisa di instal di netbook ga gan?

hok00age mengatakan...

@awan: InsyaAlloh bisa gan

Pingsut mengatakan...

merdeka gan...! ijin langsung unduh :)

hok00age mengatakan...

@Pingsut: Silakan gan :)

Anonim mengatakan...

blankon-nya nggak bisa di install di pc graphic card onboard : )

hok00age mengatakan...

@Anonim: Silakan laporkan ke pengembang blankon gan, salah satunya dengan bergabung di milis:

http://groups.google.com/group/BlankOn/

Anonim mengatakan...

blankon ada bahasa inggris juga enggak sih gan? saya bingung kalo pake bahasa indonesia

hok00age mengatakan...

@Anonim: Bisa gan, info lebih lanjut silakan berkunjung ke sini gan:
http://groups.google.com/group/BlankOn/

Yosua AP mengatakan...

mas bro,..kasih cara instal modem EC167 AHA di BlankOn...
Matur Nuwun

Poskan Komentar