[Ubuntu] Trik: Cara Mengambil Screenshot Login Screen

Login Screen adalah layar yang kita hadapi ketika akan login ke sistem, biasanya di layar ini kita diminta untuk memasukkan username dan password. TahuTEK.net pernah menulis dua trik yang berkaitan login screen yaitu cara mudah mengubah tema GDM Login Screen dan trik menghadirkan Docky (dan aplikasi lainnya) di GDM Login Screen. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi satu lagi trik yaitu cara mengambil screenshot login screen. Trik ini sudah saya coba di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal dengan GDM (Gnome) dan berjalan dengan lancar.


Gambar yang kalian lihat di atas diambil dengan menggunakan trik yang akan saya berikan kali ini. Baiklah, mari kita mulai!

Menginstal Aplikasi yang Diperlukan
Ketik perintah berikut untuk menginstal aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan trik ini:
sudo apt-get install imagemagick xnest

Mencari tahu "nomor" Virtual Terminal (VT) dari Login Screen
Untuk melakukan trik ini, kalian harus mencari tahu dulu "nomor" VT dari login screen. Untuk melakukannya, lakukan logout sehingga nampak jendela login screen, kemudian tekan "CTRL+ALT+F1" sehingga muncul shell prompt. Nah, kemudian tekan "CTRL+ALT+F2", "CTRL+ALT+F3", "CTRL+ALT+F4" dan seterusnya sampai kalian kembali ke jendela login screen. Pada komputer yang saya pakai, saya kembali ke jendela login screen ketika menekan tombol "CTRL+ALT+F7" jadi "nomor" VT dari login screen adalah "7". Nah, jika sudah menemukan "nomor" VT dari  login screen, ingat baik-baik kemudian lakukan login lagi.

Membuat Script
Pastikan kalian dalam keadaan login, buka Terminal dan ketik:
cd ~
echo 'chvt 7; sleep 5; XAUTHORITY=/var/gdm/:0.Xauth DISPLAY=:0.0 import -window root /tmp/gdm-login-shot.png' > gdmshot.sh
chmod +x gdmshot.sh
Nah, kalian akan memiliki sebuah file script yang berguna untuk mengambil screenshot dari login screen. Perhatikan baris kedua dari perintah di atas tepatnya pada "chvt 7", ganti angka "7" dengan nomor VT yang kalian dapatkan pada langkah kedua.

Saatnya Mengambil Screenshot
Untuk mengambil screenshot, kalian harus melakukan logout terlebih dahulu kemudian tekan "CTRL+ALT+F1" sehingga muncul shell prompt. Nah, lakukan login dari shell prompt tersebut dengan memasukkan informasi yang diminta (username dan password) setelah berhasil login lewat shell prompt. Ketik perintah berikut:
sudo su
./gdmshot.sh
Sip dah, tunggu beberapa saat sehingga jendela login screen muncul lagi, kemudian login lewat jendela tersebut. Nah, jika semua berjalan dengan lancar kalian seharusnya memiliki file bernama "gdm-login-shot.png" yang terletak dalam folder "/tmp". Silakan periksa keberadaannya.

Sumber: HowToForge

Selamat mencoba.

0 comments :

Poskan Komentar