[Ubuntu] Cara Mudah Ganti Tema Login Screen di Ubuntu

Bagian yang paling sering kita lihat ketika menggunakan Ubuntu adalah login screen. Pastinya kita disuruh untuk memasukkan username dan password sebelum bisa menggunakan komputer. Jika kalian bosan dengan tampilan login screen yang kalian pakai saat ini, silakan ikuti petunjuk berikut untuk mengubah tema login screen yang meliputi wallpaper, tema GTK, Metacity, ikon, dan lain-lain.


Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, dengan trik ini kalian bisa mengubah berbagai aspek dari login screen Ubuntu. Caranya ketik perintah berikut di Terminal:
sudo cp /usr/share/applications/gnome-appearance-properties.desktop /usr/share/gdm/autostart/LoginWindow
Lakukan logout maka kalian akan mendapatkan jendela "Appearance Preferences" pada login screen. Seperti biasa, kalian bisa mengubah wallpaper, tema GTK, ikon, dan lain-lain lewat jendela ini.

Jika sudah selesai, tutup jendela "Appearance Properties" lalu login seperti biasa. Lalu, untuk mencegah agar jendela tersebut tidak muncul lagi ketika login, ketik perintah berikut di Terminal:
sudo unlink /usr/share/gdm/autostart/LoginWindow/gnome-appearance-properties.desktop
Tentu saja, semakin banyak tema yang kalian instal maka semakin banyak pula pilihan yang bisa kalian pilih ketika mengubah tampilan login screen.

Sumber: How-to Geek

0 comments :

Poskan Komentar