[Ubuntu] Pecah dan Gabung File di Ubuntu dengan lxsplit

Sebagai seorang yang aktif di Internet, tentunya kita pernah berbagi file kepada teman kita, entah itu lewat email, sekedar berbagi link, atau meng-upload suatu file ke situs layanan file hosting. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, beberapa situs layanan file hosting gratisan biasanya membatasi ukuran maksimal dari file yang akan di-upload, dan sialnya terkadang kita harus meng-upload file yang melebihi batas tersebut. Bagaimana caranya agar dapat meng-upload file tersebut tanpa harus mengurangi ukuran file?? Caranya adalah dengan memecah file menjadi beberapa bagian agar dapat diterima oleh situs layanan file hosting. Nah, pada artikel ini saya ingin berbagi info mengenai aplikasi Ubuntu yang berfungsi untuk memecah dan menggabung file. Silakan menyimak!


Aplikasi yang saya maksud adalah lxsplit. Aplikasi ringan ini berbasis Terminal jadi kalian tidak membutuhkan resource yang besar untuk dapat menjalankan perintah ini.

Instalasi
Untuk menginstal lxsplit di Ubuntu silakan ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install lxsplit
Bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet di Ubuntunya, silakan gunakan layanan apt-web.

Petunjuk singkat penggunaan
Setelah lxsplit terinstal, kalian dapat memecah file menjadi beberapa bagian dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
lxsplit -s namafile ukuran
Ganti "namafile" dengan file yang akan dipecah, sedangkan "ukuran" ganti dengan ukuran file per "keping" (baca: chunk) dalam M (Megabytes), k (kilobytes), dan b (bytes). Sebagai contoh, jika kalian ingin memecah file "myfile.zip" dengan ukuran per keping 100MB, maka jalankan perintah berikut:
lxsplit -s myfile.zip 100M
Untuk menggabungkan file, ketik perintah berikut di Terminal:
lxsplit -j namafile.001
Sebagai contoh, jika kalian ingin menggabungkan file "myfile.zip" tadi tadi dipecah, ketik perintah berikut:
lxsplit -j myfile.zip.001
Lxsplit memiliki kompatibilitas penuh dengan HJSplit (aplikasi pemecah file yang biasa digunakan oleh pemakai Windows), jadi dengan memakai lxsplit, kalian bisa menggabungkan file yang dipecah oleh HJSplit.

Selamat mencoba.

2 comments :

kurmak mengatakan...

perlu di coba nih, soalnya sekarang masih pake hj lewat wine.

hok00age mengatakan...

@kurmak: Silakan gan, ditunggu feedbacknya :)

Poskan Komentar