[Ubuntu] Jalankan Aplikasi Handphone Berbasis Java di Ubuntu dengan MicroEmulator

MicroEmulator adalah aplikasi berbasis Java berfungsi untuk menjalankan aplikasi handphone berbasis Java seperti Opera Mini, Migg33, Nimbuzz dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menulis tutorial singkat mengenai instalasi dan petunjuk penggunaan MicroEmulator di Ubuntu.


Pada tutorial ini saya menggunakan Opera Mini sebagai contoh. Jadi, kalian bisa mengganti dengan aplikasi lain sesuai selera.

Bahan yang diperlukan:
Karena MicroEmulator merupakan aplikasi berbasis Java, kita harus menginstal dulu Java Runtime Environment (JRE) untuk dapat menjalankan MicroEmulator. Ketik perintah berikut di Terminal untuk menginstal JRE:
sudo add-apt-repository ppa:sun-java-community-team/sun-java6
sudo apt-get update
sudo apt-get install sun-java6
Kemudian download MicroEmulator di sini. Jangan lupa download aplikasi yang ingin dijalankan di MicroEmulator, dalam contoh ini saya menggunakan Opera Mini yang bisa didapatkan di sini, download file *.jad dan *.jar dan taruh dalam satu folder.


Bahan-bahan yang diperlukan sudah didapat, sekarang saatnya beraksi :D

Penggunaan:
Ekstrak file MicroEmulator yang barusan di-download.


Kemudian masuk ke folder hasil ekstraksi dan beri perijinan eksekusi untuk file "microemulator.jar" dengan cara:
chmod +x microemulator.jar
Lalu klik kanan pada "microemulator.jar" dan pilih "Open with Sun Java 6 Runtime".


Jika semua berjalan dengan lancar, jendela MicroEmulator akan terbuka. Sekarang saatnya menjalankan Opera Mini yang kalian download tadi. Caranya klik "File > Open MIDlet File ...". Pilih file yang berekstensi *.jad lalu diikuti dengan klik tombol "OK".


Klik "Start" pada MicroEmulator dan Opera Mini siap digunakan :D


Selamat mencoba.

3 comments :

ekonik3 mengatakan...

Saya sudah berhasil menerapkan ini di ubuntu 10.10 hanya saja saya masih tidak berhasil membuat launcher di desktop dan juga tidak berhasil untuk donlot file via opmin... ajarin caranya biar bisa donlot via opmin ubuntu dong bro? makasih sebelumnya

hok00age mengatakan...

@ekonik3: Saya juga belum berhasil download via opera mini, bagaimana kalau kita cari solusinya sama-sama? Yang tahu lebih dulu memberi tahu yang belum :D

zafin's mengatakan...

mantap

Poskan Komentar