[Ubuntu] Command Line Menjadi Lebih Mudah dengan CLI Companion

CLI Companion adalah aplikasi berbasis GUI yang memudahkan para pengguna dalam melakukan segala aktivitas di Terminal. Aplikasi ini sangat cocok bagi kita yang masih pemula dengan command line di Linux. Kita dapat menyimpan command yang sering kita pakai agar mudah dijalankan ketika dibutuhkan.


Jendela utama CLI Companion mempunyai tiga kolom. Kolom pertama untuk perintah, kolom kedua untuk argument yang mungkin diperlukan untuk menjalankan perintah di kolom pertama, dan kolom ketiga berisi penjelasan singkat mengenai perintah yang bersangkutan. Kita juga bisa menambahkan command favorit kita pada jendela utama CLI Companion dengan cara meng-klik tombol "Add".


Untuk isian "Command" silakan isi dengan perintah yang kalian inginkan, "User Input" untuk argument perintah, sedangkan "Description" bisa diisi dengan penjelasan dari perintah yang bersangkutan. Informasi lebih lanjut mengenai CLI Companion bisa dilihat di sini.

Untuk menginstal CLI Companion di Ubuntu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:clicompanion-devs/clicompanion-nightlies 
sudo apt-get update
sudo apt-get install clicompanion
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet, silakan klik di sini untuk men-download CLI Companion secara manual, untuk dependency yang harus dipenuhi adalah aplikasi "most" yang bisa didapatkan di sini.

Semoga bermanfaat.

4 comments :

Andi Wong mengatakan...

Manteb lagi.. bagus utk pemula sprt sy yg baru belajar linux ubuntu.. siip..izin sedot n ke TKP gan.. ;)

hok00age mengatakan...

@Andi Wong: silakan, semoga bermanfaat ....

Zhalev mengatakan...

bagus sekali informasinya. saya subscribe via email. ditunggu ulasan tentang ubuntu serta news ttg linux lainnya terima kasih :)saya totally use linux, windows has been deleted :D

hok00age mengatakan...

@Zhalev: Welcome to the open source community :)

Poskan Komentar