[Ubuntu] Terminator: Jalankan Banyak Terminal dalam Satu Jendela

Bagi teman-teman yang senang berkutat dengan baris perintah (command line) di Linux, biasanya membutuhkan lebih dari satu jendela. Terkadang repot juga kalau harus membuka banyak jendela atau tab yang mengharuskan kita berpindah dari jendela atau tab yang satu ke jendela atau tab yang lain hanya untuk melihat proses yang sedang berjalan, seperti proses compile, mengunduh, menginstal aplikasi, dan lain-lain. Nah, untungnya ada aplikasi yang bernama Terminator yang dapat menghadirkan banyak Terminal dalam satu jendela dan satu pandangan.


Terminator juga mendukung tombol singkat seperti "CTRL + SHIFT + E" untuk menambah Terminal secara vertikal dan "CTRL + SHIFT + O" untuk menambah Terminal secara horizontal. Untuk tombol singkat yang lain silakan lihat pada jendela "Preferences" yang bisa diakses dengan klik kanan pada jendela Terminator.

Terminator terdapat di repository resmi Ubuntu, jadi untuk menginstalnya cukup ketik perintah berikut:
sudo apt-get install terminator
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet, silakan gunakan layanan apt-web.

Selamat mencoba.

2 comments :

Meshwara mengatakan...

Sekedar berbagi pengalaman saja Bang.
Saya dulu juga salah satu pengguna terminator.

Terminal ini betul sangat bermanfaat saat kita perlu menuliskan script atau menjalankan tool yang di saat bersamaan juga perlu melihat README atau Manual atau petunjuk Instalasi.
Tinggal split vertikal atau horisontal.

Tetapi, menurut saya, jika rekan-rekan termasuk yang sangat sering beroperasi di terminal, saya sangat merekomendasikan gabungan Guake dan TMux.

Dengan Guake, kita bisa spawn terminal di mananpun. Dan dengan TMux kita bisa split terminal,detact dan attach proses (Seperti screen).

TMux sendiri, sangat berguna bagi rekan-rekan yang bekerja mengurusi pc server yang sebagian besar (atau bahkan semua) berjalan pada mode text (CLI). TMux tentu bisa berjalan pada mode ini, sedangkan terminator tidak bisa.

Jadi, selain terminator, saya juga merekomendasikan Guake dan TMux sebagai beberapa tools yang wajib dicoba.

hok00age mengatakan...

@Meshwara: Terima kasih atas masukannya, insyaAlloh saya akan menulis artikel tentang kedua aplikasi tersebut ...

Poskan Komentar