[Ubuntu] Rec-Applet: Merekam Suara di Ubuntu Tidak Pernah Semudah Ini

Jika pada postingan sebelumnya saya telah mengulas sedikit tentang aplikasi yang menghuni PPA TahuTEK.net yaitu PDF Shuffler. Maka, pada kesempatan kali ini saya akan mengupas sedikit tentang aplikasi lain yang menghuni PPA TahuTEK.net yaitu Rec-Applet.


Rec-Applet adalah sebuah applet untuk gnome-panel yang memiliki fungsi sebagai perekam suara. Suara yang direkam bisa bersumber dari microphone, webcam dan sound card. Dengan menggunakan Rec-Applet kita bisa merekam suara dari video yang sedang kita putar (karena mendukung rekam suara melalui sound card).

Cara penggunaan Rec-Applet sangat mudah, kita cukup menambahkan applet "Audio Recorder Applet" ke gnome-panel (lihat gambar di atas). Kemudian klik pada ikon Rec-Applet sehingga muncul jendela konfigurasi.


Pada jendela konfigurasi di atas, kita bisa mengatur nama file, timer, sumber rekaman, format keluaran, dan lain-lain. Jika sudah siap untuk merekam klik tombol "Start Recording".

Untuk menginstal Rec-Applet bisa dilakukan dengan menambahkan PPA dari TahuTEK.net, buka Terminal dan ketik:
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
sudo apt-get install rec-applet
Sedangkan bagi para pengguna Ubuntu Lucid yang tidak mempunyai koneksi Internet secara langsung, klik di sini untuk mendapatkan daftar file yang harus di-download secara manual. Dan untuk mempermudah instalasi file-file yang di-download secara manual, klik di sini untuk membuat repository lokal.

Mungkin kalian juga tertarik dengan Audacity aplikasi pengedit audio kaya fitur.

Regards.

Update: PPA resmi untuk Rec-Applet sudah dibuat, klik di sini untuk info lebih lanjut.

0 comments :

Poskan Komentar