[Ubuntu] Memodifikasi File PDF Menjadi Mudah dengan PDF Shuffler

Pada hari ini, penghuni PPA TahuTEK.net bertambah dua lagi. Salah satunya adalah PDF Shuffler. PDF Shuffler adalah aplikasi ringan yang bisa digunakan untuk memodifikasi file PDF. PDF Shuffler mampu melakukan merge, split, delete, crop dan rotate halaman dari file PDF.


Untuk menggunakan PDF Shuffler sangat mudah. Kita tinggal membuka file PDF yang akan dimodifikasi dengan meng-klik tombol "Import pdf". Untuk melakukan pengeditan klik kanan pada halaman yang dimaksud dan pilih salah satu aksi yang ingin kamu lakukan. Dan jika sudah selesai melakukan modifikasi klik "Export pdf" untuk menyimpan perubahan.

PDF Shuffler sebenarnya sudah ada dalam repository resmi Ubuntu. Namun, versi yang berada di repository resmi adalah versi 0.4 sedangkan versi yang terakhir sekarang adalah versi 0.5. Jadi, saya memutuskan untuk membuatkan PPA untuk PDF Shuffler 0.5.

Untuk menginstal PDF Shuffler 0.5 dapat dilakukan dengan menambahkan PPA dari TahuTEK.net:
sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net
sudo apt-get update
sudo apt-get install pdfshuffler
Sedangkan bagi teman-teman yang tidak mempunyai koneksi Internet langsung di Ubuntu Lucid-nya silakan klik di sini untuk mendapatkan daftar file yang harus di-download secara manual. Kemudian klik di sini untuk membuat repository lokal (memudahkan dalam proses instalasi).

Semoga bermanfaat.

3 comments :

SD Negeri 1-4 Bangsri mengatakan...

ada softwere penambah ram di ubuntu ga?
kl di jendela kan ada eboster.

hok00age mengatakan...

Di Linux sebenarnya tidak dibutuhkan software semcam itu karena manajemen memori yang sudah bagus jika dibandingkan dengan jendelas.........
Untuk menambah kapasitas memori bisa dilakukan dengan menambah partisi swap atau menggunakan desktop environment yang ringan seperti XFCE atau LXDE...

4dyP0d4y mengatakan...

bener banget,,, tidak perlu lagi eboster di linux, memori kecil gak masalah, yang penting swapnya ged.

Poskan Komentar