[Ubuntu] Langkah Demi Langkah Install Ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Sebenarnya sudah terlambat untuk menulis artikel ini, namun saya merasa perlu karena mungkin di antara teman-teman ada yang belum tahu cara menginstal Ubuntu. Menginstal Ubuntu 10.04 Lucid Lynx hampir sama dengan versi sebelumnya yaitu 9.10 Karmic Koala. Sebagai info saja, Ubuntu dirilis setiap enam bulan sekali yaitu setiap bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Jadi, siap-siap saja bulan Oktober nanti muncul Ubuntu versi baru yaitu Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat. Sebelum menginstal, siapkan dulu CD Ubuntu 10.04 Lucid Lynx yang bisa didapatkan di sini. Hidupkan komputer, booting melalui CD Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, akan tampil pilihan bahasa.


Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian tekan "Enter".


Pilih "Install Ubuntu", tekan "Enter"


Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, jadi harap bersabar sampai di layar muncul pesan seperti gambar di bawah ini:


Pilih bahasa yang kalian inginkan kemudian klik "Forward". Lalu muncul gambar di bawah ini:


Pilih "Time Zone" yang sesuai dengan tempat tinggal teman-teman. Kemudian klik "Forward".


Pilih "Keyboard layout" yang sesuai dan tekan "Forward" jika sudah selesai. Kemudian teman-teman akan dihadapkan pada opsi partisi. Hati-hati pada tahap ini karena jika salah semua file di hard-disk akan hilang.


Jika teman-teman tidak mempunyai sistem operasi lain dan ingin menggunakan seluruh hard-disk untuk Ubuntu, pilih opsi pertama. Namun, jika sudah ada sistem operasi lain atau hanya ingin menggunakan sebagian hard-disk saja pilih opsi dua. Untuk lebih jelas dalam proses partisi, silakan lihat video di bawah ini (jangan main jiplak video di bawah ini, perhatikan langkah-langkahnya dan lihat hasilnya):
Update: Untuk panduan partisi hard-disk yang masih kosong silakan klik di sini, sedangkan untuk hard-disk yang sudah berisi sistem operasi klik di sini.


Jika proses partisi sudah selesai, klik "Forward". Akan muncul gambar di bawah ini:


Isi informasi yang dibutuhkan, ingat username dan password, klik "Forward".


Tinjau ulang sebelum memulai instalasi, apakah semuanya sudah benar dan sesuai keinginan atau belum. Jika sudah yakin klik "Install".


Proses instalasi sedang berjalan, tunggu sampai semuanya selesai dan muncul pesan seperti gambar di bawah ini:


Klik "Restart Now". Kemudian keluarkan CD Ubuntu dari CD/DVD drive.


Jika semuanya berjalan dengan lancar, maka teman-teman akan dihadapkan dengan login screen. Isikan username dan password sesuai dengan saat proses instalasi tadi.


Selamat! Teman-teman berhasil menginstal Ubuntu 10.04 Lucid Lynx di komputer. Untuk selanjutnya silakan baca-baca artikel tentang Ubuntu di blog ini.

Sebagai review proses instalasi, silakan lihat video di bawah ini:


Semoga bermanfaat.

6 comments :

Anonim mengatakan...

gan bisa gak tampilan ubuntu 10.04 diubah jadi kyk tampilan ubuntu 11.04?

Anonim mengatakan...

gmn cara instal ubuntu menggunakan window 7 ??

Ditha HunterzCreazy'Hanchuk mengatakan...

kak.. saya kurang jelass

febry tri mengatakan...

makanya jngan BUDEK..

febry tri mengatakan...

gampang ambil palu trus pukul

febry tri mengatakan...

katanya sapa gak bisa

Poskan Komentar