[Windows] Proteksi Folder dan Colokan USB dengan BuduLock

BuduLock adalah aplikasi kecil untuk meningkatkan keamanan pada komputer. Aplikasi ini dapat mengunci colokan (baca: port) USB dan juga dapat memproteksi folder dengan password. BuduLock merupakan aplikasi gratisan, jadi kita bisa mendapatkannya secara gratis tanpa harus membeli lisensi.


BuduLock mempunyai dua fungsi utama yaitu:
Folder Lock, sesuai namanya fungsi ini digunakan untuk memproteksi folder dengan menggunakan password. Folder yang sudah diproteksi tidak akan bisa dibuka jika tidak memasukkan password yang benar. Fungsi ini sangat penting untuk melindungi data-data penting kita dari tangan orang-orang jahil yang tidak bertanggung jawab. Fungsi Folder Lock bisa diterapkan pada hard disk internal maupun media penyimpanan eksternal seperti USB Flash Disk atau yang lain. Jadi, kita tidak perlu khawatir kalau Flash Disk kita hilang atau dicuri, karena data di dalamnya tetap tidak bisa dibuka.
Catatan: Pastikan folder yang akan diproteksi dalam keadaan terbuka (lihat gambar pertama). Folder harus dalam keadaan terbuka sebelum kalian bisa melakukan proses.

USB Blocker, fungsi kedua ini berguna untuk mematikan colokan USB. Dengan mengaktifkan fungsi ini maka semua colokan USB untuk media penyimpanan akan mati. Hal ini sangat berguna jika kita tidak ingin data di komputer kita dipindahkan ke media lain melalui jalur USB. Otomatis, ini akan menambah tingkat keamanan di komputer kita.


Catatan: Setting UAC harus dimatikan agar bisa menggunakan fungsi ini, caranya pergi ke "Control Panel > User Account > Turn UAC On or Off". Tidak ada password ketika kita menghidupkan fungsi ini untuk pertama kali, untuk mengatur atau merubah password pergi ke "Change Password".

BuduLock bisa berjalan pada Windows 7 dan Windows Vista. Untuk Windows Vista Starter Edition fungsi USB Blocker tidak bisa berjalan. Informasi lebih lanjut tentang BuduLock klik di sini.

Download:



Semoga bermanfaat.

5 comments :

Anonim mengatakan...

tolong jelaskan lebih terperinci lagi. trims...

hok00age mengatakan...

@Anonim: BuduLock mempunyai tampilan GUI yang mudah dimengerti, jadi bagian mana yang kurang jelas?

Anonim mengatakan...

thx u gan,...karang gw bia kasi password folder penting gw,... ajibbb

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sama-sama gan, semoga bermanfaat ...

ratna mengatakan...

teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Web Master

Poskan Komentar