[Ubuntu] Instal GIMP 2.7 di Ubuntu via PPA

Pada waktu yang lalu kita sudah membahas tentang cara instal GIMP 2.6 di Ubuntu via PPA. Namun, kebanyakan pengguna menanti-nantikan hadirnya GIMP versi 2.7 yang dikabarkan akan membawa fitur single window mode yaitu modus jendela tunggal. Seperti diketahui, GIMP versi stabil sekarang mempunyai 3 jendela yaitu jendela untuk toolbox di sebelah kiri, jendela area kerja di tengah, dan jendela untuk layer dan lain-lain di sebelah kanan. Nah, sekarang saya mau memberi info cara menginstal GIMP 2.7 di Ubuntu melalui PPA. Perlu diketahui, GIMP 2.7 masih development release artinya masih dalam tahap pengembangan dan belum stabil, jadi gunakan dengan resiko kalian tanggung sendiri.


Bisa dilihat pada gambar di atas (klik untuk memperbesar) GIMP 2.7 sudah mendukung modus single window. Untuk mengaktifkannya pilih menu "Windows > Single Window Mode". Untuk menginstal GIMP 2.7 di Ubuntu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Buka Terminal dan Ketik:
sudo add-apt-repository ppa:matthaeus123/mrw-gimp-svn
sudo apt-get update
sudo apt-get install gimp
Bagi yang sudah memiliki GIMP 2.6 ganti "sudo apt-get install gimp" dengan "sudo apt-get upgrade" (lebih simpel). Sedangkan bagi teman-teman pengguna Ubuntu yang tidak punya koneksi internet bisa download file-file yang dibutuhkan secara manual, klik di sini untuk mendapatkan daftar file-nya. Jangan lupa klik di sini untuk membuat repository lokal (agar mudah nginstalnya bro!).

Sebagai tambahan, jika teman-teman ingin efek-efek menarik ekstra untuk GIMP 2.7 klik di sini.

Selamat mencoba.

5 comments :

mei fajri mengatakan...

mei fajri menyukai tutorial ini :)
kalo untuk menambahkan panel2 yg ada di sebelah kanan itu gmn caranya mas ??
biar tambah nyaman ngeditnya. he..he.he..

hok00age mengatakan...

tinggal klik tombol panah kecil yg terletak paling kanan sebelah nama tab, misalnya pada nama "layers" sebelah kanannya ada panah kecil mengarah kekiri, klik terus add tab.... Untuk mengatur letak tinggal seret (drag n drop) tab/panel yg dimaksud.......

hok00age mengatakan...

Update: untuk menambah atau menghilangkan panel cari-cari ja di Menu Windows > Dockable Dialogs....

tantos mengatakan...

wah, pak, sub menu "Single window mode" kok ga ono yo?
aku pake MM, gimp 2.7 ppa

tantos mengatakan...

*walah sori mas dab, jebul lali rung tak apt-get update :D

Poskan Komentar