[Windows] Membuka Program Apapun Melalui "RUN Dialog"

Pada sistem operasi Windows, terdapat fitur "RUN" yang salah satu fungsinya adalah memudahkan kita dalam menjalankan aplikasi. Namun, sayangnya hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja yang bisa dengan cepat dijalankan menggunakan "RUN dialog". Nah, di sini saya akan berbagi info yang didapat dari askvg.com. Dengan menggunakan trik ini kita bisa menjalankan aplikasi favorit kita cukup dengan mengetikkan nama aplikasi tersebut. Trik ini menggunakan "Registry Editor".


Buka "Regedit" dan pergi ke:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\App Paths
Sekarang buat "key" baru pada "App Paths". Caranya klik kanan pada "App Paths" pilih "New -> Key". Tentukan namanya sesuai dengan nama dari aplikasi yang diinginkan dan diakhiri dengan ekstensinya misalnya "My Application.exe".

Kemudian pilih "key" yang telah dibuat tadi dan pada panel sebelah kanan, isi "value" dari "Default" dengan full path dari file exe aplikasinya, misalnya "C:\Program Files\My Application\My Application.exe".

Masih pada panel sebelah kanan, buat "String" baru dengan nama "Path" dan isi "value" dengan lokasi folder dari aplikasi, misalnya: "C:\Program Files\My Application\".


Nah sekarang untuk menjalankan aplikasi favoritmu cukup dengan mengetikkan namanya di jendela "RUN".

Selamat mencoba!

0 comments :

Posting Komentar