[Ubuntu] gKamus: Kamus Inggris-Indonesia Offline di Ubuntu

Nih dia kata pembuat aplikasi ini:
gKamus adalah program sederhana Kamus Bahasa Inggris - Indonesia, dibuat karena rasa frutrasi saya dengan membuka-buka kamus edisi cetakan setiap kali membaca artikel, ebook, atau dokumen lainnya. Program kamus ada berapa yang tersedia seperti Gidic di Linux, atau program komersial Linguist di Windows, tetapi kadang kala kata yang dicari tidak terdapat dalam kamusnya, perlu penambahan kata, arti, dan lain-lain. Untuk memodifikasi file kamus, hanya penulisnya atau orang yang bisa membaca kode program yang dapat melakukan modifikasi dan menulis semacam editor, kadang mereka menggunakan format biner versi mereka sendiri untuk kamusnya yang tidak dapat dimodifikasi begitu saja, Anda memerlukan paling tidak semacam Hex Editor.

Lalu bagaimana dengan pengguna biasa?, yang tidak mengerti dengan bahasa pemrograman, bilangan hex atau biner? mereka tentu "tidak bisa" melakukan perubahan. Tidak ada gunanya membuat program yang bebas jika hanya Anda (penulis) yang dapat merubahnya. Kemudian saya menulis versi program kamus saya sendiri, mulanya sangat sederhana, untuk dijalankan di shell dan mencari kata yang cocok di file kamusnya lalu menampilkan artinya, file kamusnya berformat teks ASCII, editor untuk modikasi file kamus saya gunakan vim atau ed. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana menulis setiap kata bahasa inggris dan definisinya, tidak mungkin untuk menulis semua kata dalam waktu yang singkat, untungnya Firmansyah pada halaman blognya ia telah mempunyai database kamus bahasa inggris yang menurut saya sudah termasuk lengkap (sekitar 23000 kata dan definisi). Lalu saya menanyakan bagaimana lisensi file miliknya itu, apakah tidak ada batasan untuk modifikasi dan distribusi ulang? Firmansyah menjawab dan memperbolehkan saya untuk menggunakan file-nya di aplikasi saya. Kemudian Firmansyah mengirimkan saya aplikasi GUI untuk kamusnya yang ia tulis dengan PHP-GTK, saya pun mulai menggunakan aplikasi itu di sistem saya. Namun kecepatan aplikasi itu masih lambat, walaupun dengan perubahan sana-sini aplikasi itu masih berjalan lambat. Saya akhirnya memutuskan untuk menulis GUI yang baru, yang cepat, dan bisa berjalan dimana saja (tanpa interpreter), lalu membuat editor untuk modifikasi kamus.


Bagi pengguna Ubuntu download di sini:

gKamus 0.3 untuk Linux

Atau jika ingin source-code, di sini:

Source-code gKamus 0.3

Dan ternyata versi Windows-nya sudah tersedia lho, klik:

gKamus 0.3 untuk Windows

Informasi lebih lanjut klik di sini.

Regards.

6 comments :

Anonim mengatakan...

nissi
terima kasih mas udah buat kan kamus

trus maju LINUX

hok00age mengatakan...

@Anonim: Sama-sama gan :)

Culiis Akhmad mengatakan...

thanx gan..
:)

Arif mengatakan...

mancab dech infonya.

Aji Sayogo mengatakan...

siap membantu,,(dengan doa)
semoga semakin lengkap...

Melvin mengatakan...

Aplikasinya bagus, jika ditambah fitur auto search (user input kata tanpa perlu mengkategorikan bahasa indo atau inggris) bisa semakin mantap

Poskan Komentar