Library reCAPTCHA 2.0 untuk CodeIgniter

Ketika saya melakukan update kecil untuk halaman kontak RajaOngkir, saya baru tahu bahwa Google reCAPTCHA kini sudah mencapai versi 2.0 dengan perubahan yang sangat signifikan. Google reCAPTCHA versi 2.0 ini dikenal juga dengan NO CAPTCHA reCAPTCHA, sehingga pengguna (manusia) tidak perlu memasukkan captcha untuk membuktikan bahwa dia bukan robot.



Google reCAPTCHA versi 2.0 sebenarnya sudah memiliki library untuk PHP, namun karena halaman kontak RajaOngkir dibuat dengan CodeIgniter, saya perlu melakukan sedikit penyesuaian agar dapat berjalan dengan mudah di CodeIgniter. Alhasil, saya mengubahnya menjadi library CodeIgniter sehingga teman-teman dapat mengimplementasikan Google reCAPTCHA versi 2.0 di CodeIgniter dengan mudah.

Library ini sangat sederhana karena hanya terdapat dua method utama yaitu "render" untuk menampilkan widget reCAPTCHA dan "verifyResponse" untuk verifikasi captcha. Jika teman-teman tertarik untuk menggunakan library ini, jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi halaman ini:

https://github.com/hok00age/codeigniter-recaptcha

Semoga bermanfaat.

1 comments :

Benyamin Limanto mengatakan...

Patut dicoba ini.. hehehe

Poskan Komentar