Tips Xubuntu 14.04 LTS: Menambahkan Copy Public Link Dropbox di Thunar File Manager

Saya adalah penggemar Xubuntu yaitu varian Ubuntu yang menggunakan desktop XFCE. Saya menyukai Xubuntu karena cocok untuk laptop saya Acer 4730Z keluaran tahun 2008 yang masih saya pakai untuk pekerjaan sehari-hari. Xubuntu sangat simpel, ringan, dan dapat memenuhi kebutuhan saya untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Salah satu aplikasi yang sering saya pakai adalah Dropbox karena aplikasi ini memudahkan saya jika ingin mengsinkronisasikan file antara laptop dengan PC saya di rumah. Dropbox dapat diinstal dengan mudah di Xubuntu dengan menggunakan installer yang disediakan di webnya. Namun sayangnya, Dropbox belum mendukung integrasi dengan Thunar File Manager sehingga saya harus mencari solusi agar Dropbox terintegrasi dengan Thunar File Manager.

Integrasi yang saya maksud di sini adalah kita dapat menyalin "Public Link" file kita di Dropbox tanpa harus membuka web terkait. Fitur tambahan lainnya adalah shortcut untuk melihat file di web Dropbox serta melihat versi-versi sebelumnya dari file terkait.


Integrasi di atas dapat dilakukan dengan menginstal plugin "Thunar Dropbox". Berikut langkah demi langkah proses instalasinya:

1. Instal dependencies yang dibutuhkan
Kita akan menginstal (baca: meng-compile) plugin ini secara manual karena paket DEB untuk plugin ini belum ada. Buka Terminal dan ketik perintah berikut untuk menginstal:
sudo apt-get install libthunarx-2-dev

2. Unduh source code Thunar Dropbox
Langkah selanjutnya adalah mengunduh source code plugin Thunar Dropbox di sini. Unduh file ZIPnya lalu ekstrak file tersebut.

3. Saatnya menginstall
Masuk ke folder source Thunar Dropbox, lalu ketik perintah berikut secara berurutan:
./waf configure --prefix=/usr
./waf build
sudo ./waf install

Thunar Dropbox harus dieksekusi dengan Python 2 agar berhasil. Pastikan kalian sudah menginstal Python 2 di Xubuntu, by the way Python 2 biasanya sudah terinstal secara default di Ubuntu dan variannya.

Setelah plugin berhasil diinstal, logout dan login kembali agar bisa melihat perubahannya, ATAU ketika perintah berikut:

thunar -q

Catatan: Dropbox harus berjalan agar "Copy Public Link" muncul di Thunar File Manager.

4 comments :

'La Idris Enkha mengatakan...

prozilla untuk trustynya sudah ada??

Damar Riyadi mengatakan...

Duh, belum gan :(

Ari Pratama mengatakan...

mas saya orang baru ni di dunia ubuntu tp saya sangat berminat untuk ngasih ubuntu di laptop vaio cori3 saya bisa gk ya??? n gmn cara instaly....

Benyamin Limanto mengatakan...

Download iso'nya, lalu burn ke Flashdisk atau DVD, dan boot dari DVD atau Flashdisk tersebut, nanti akan ada opsi install atau try ubuntu. Mudah, tinggal next-next dan tersedia bahasa indonesia untuk instalasi

Poskan Komentar