Layanan Ubuntu One Segera Ditutup

Canonical secara resmi mengumumkan bahwa layanan Ubuntu One akan ditutup pada tanggal 1 Juni 2014. Namun, para pengguna diberi kesempatan untuk mengunduh file-file mereka di Ubuntu One sampai tanggal 31 Juli 2014. Setelah itu, semua file akan dihapus secara permanen.

We are sorry to notify you that we will be shutting down the Ubuntu One file services, effective 1 June 2014.

It is no longer possible to purchase storage or music from the Ubuntu One store. The Ubuntu One file services apps in the Ubuntu, Google, and Apple stores have been removed.

As always, your content belongs to you. If you have already uploaded any content you can simply download your files onto your PC or an external hard drive. While the service will stop as of 1 June, you will have an additional two months (until 31 July 2014) to collect all of your content. After that date, all remaining content will be deleted.


Apa alasan di balik ditutupnya layanan UbuntuOne?
Jane Silber menyatakan dalam blog resmi Canonical bahwa Canonical ingin berfokus pada pengembangan inti Ubuntu yaitu sistem operasi yang bisa dijalankan di desktop, tablet, telepon pintar dan lain-lain. Canonical berfokus mengembangkan user experience, peralatan untuk developer, serta relasi komersial yang terkait dengan sistem operasi Ubuntu. Menurutnya, kompetisi di bidang layanan penyimpanan online sudah tidak cocok lagi dengan misi Ubuntu.

Bagaimana dengan pelanggan berbayar?
Pengguna yang mempunyai langganan tahunan yang masih aktif akan mendapatkan kompensasi, yaitu dengan mendapatkan uang "sisa" yang tidak digunakan. Canonical menghitung dari tanggal dipublikasikannya pengumuman ini.

Dampak ke depan
Mulai hari ini, kita tidak dapat membeli tambahan space atau membeli musik di Ubuntu One Store. Layanan Ubuntu One juga tidak akan disertakan pada rilis Ubuntu berikutnya yaitu Ubuntu 14.04. Sedangkan versi lama dari Ubuntu One yang sudah ada di distribusi lain akan di-update sehingga akan mematikan layanan. Canonical juga berencana akan melepas semua kode sumber Ubuntu One ke publik, sehingga memberi kesempatan kepada para pengembang untuk membangun layanan seperti Ubuntu One di masa yang akan datang.

We will work to ensure that customers have an easy path to download all their content from Ubuntu One to migrate to other personal cloud services. Additionally, we continue to believe in the Ubuntu One file services, the quality of the code, and the user experience, so will release the code as open source software to give others an opportunity to build on this code to create an open source file syncing platform.
Jadi, tunggu apa lagi, segera selamatkan data Anda yang disimpan di Ubuntu One sekarang juga!!!

Sumber:
Shutting down Ubuntu One file services
Ubuntu One: Shutdown notice

0 comments :

Posting Komentar