Periksa Ongkos Kirim Kapan dan Dimana Saja dengan RajaOngkir Android

Mungkin teman-teman bertanya-tanya mengapa TahuTEK.net beberapa waktu yang lalu jarang di-update. Hal tersebut dikarenakan saya sedang sibuk dengan pekerjaan, mengerjakan skripsi, dan membuat beberapa proyek kecil. Salah satunya adalah RajaOngkir. Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya untuk me-review salah satu karya saya tersebut.
RajaOngkir merupakan sebuah situs dan web service yang menyediakan informasi ongkos kirim dari berbagai kurir di Indonesia yaitu POS Indonesia, JNE, dan TIKI. Secara umum, RajaOngkir ditujukan kepada pengguna yang ingin mengetahui dan membandingkan ongkos kirim dari berbagai kurir dan secara khusus bagi pemilik toko online, maupun bagi orang yang sering berbelanja online.

RajaOngkir menyediakan API yang bisa dimanfaatkan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform, seperti Android, BlackBerry, iOS, desktop, dan lain-lain. Silakan klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan API.
Sebagai tindak lanjut dari produk skripsi saya tersebut, saya juga telah membuat aplikasi Android dengan memanfaatkan API dari RajaOngkir. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa API RajaOngkir bisa digunakan dan dokumentasi sudah cukup jelas. Perkenalkan RajaOngkir Android!


Aplikasi ini merupakan aplikasi Android resmi RajaOngkir. Aplikasi android RajaOngkir mempermudah Anda dalam melakukan pemeriksaan ongkos kirim pada perangkat Android. Saat ini, RajaOngkir mendukung kurir POS Indonesia, JNE, dan TIKI.

Fitur:
  • GRATIS
  • Proses muat (loading) cepat
  • File kecil
  • Ada autocomplete untuk daftar kota
  • Periksa ongkos kirim dengan kodepos
  • Terdapat hasil ongkos kirim termurah


RajaOngkir Android dilengkapi dengan fitur autocomplete pada daftar kota. Kalian cukup mengetikkan tiga huruf pertama dari nama kota/kabupaten yang diinginkan, maka daftar kota yang diinginkan akan muncul. Pilih salah satu sesuai keinginan.


Selain dengan memasukkan nama kota, RajaOngkir Android juga mendukung pemeriksaan ongkos kirim dengan kodepos. Hal ini merupakan fitur unik yang dimiliki oleh RajaOngkir Android, kalian bisa memasukkan kodepos pada kota asal atau kota tujuan. Bahkan kalian bisa memasukkan kombinasi antara kodepos dan nama kota, misal kodepos untuk kota asal dan nama kota untuk kota tujuan atau sebaliknya.


RajaOngkir Android juga memiliki fitur adanya hasil ongkos kirim termurah. Hal ini sangat bermanfaat, karena kalian tidak perlu memeriksa satu per satu harga yang ada untuk mencari harga termurah.


RajaOngkir Android bisa dijalankan di Android versi 2.3 ke atas. Jadi, periksa ongkos kirim kapan dan dimana saja dengan RajaOngkir Android!


Sebagai pengembang aplikasi ini, saya berencana terus mengembangkan RajaOngkir Android. Beberapa hal yang ada di benak saya saat ini adalah adanya fitur laporan jika ada harga yang salah, perbaikan tampilan (tentunya tanpa mengorbankan performansi), serta adanya fitur lacak resi pengiriman. Bagi developer lain yang ingin menggunakan API RajaOngkir, silakan daftar sebagai member untuk mendapatkan API Key, GRATIS!

Semoga bermanfaat.

7 comments :

D. Prameswara mengatakan...

Mantap sekali Gan. Insya Alloh sangat bermanfaat dan semoga tambah sukses.
Aplikasi Android nya open source kah ?

Damar Riyadi mengatakan...

Belum, untuk saat ini gan ;)

D. Prameswara mengatakan...

Ok Bang.
Btw, kalau boleh tanya, aplikasi ini dibuat dengan Native Code Android atau WebApp ?

Damar Riyadi mengatakan...

Native code gan :)

Aditya Darmawan mengatakan...

Gan ini pasti pake web scrapping ya, coz kalo JNE kan musti pake captcha. Bisa dikasih tahu nggak gan teknologi yang dipakai untuk bikin aplikasi ini. Thanks.

Hariri mengatakan...

Nice app gan !
Ijin share yaa... :D

Damar Riyadi mengatakan...

Silakan gan, dengan senang hati :D

Poskan Komentar