Menghemat Daya Baterai Di Linux dengan TLP

Penggunaan baterai merupakan hal yang sangat penting untuk perangkat-perangkat portable seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain. Banyak sekali software maupun hardware yang dibuat berkaitan dengan penggunaan baterai ini. Terlalu banyak software yang dibuat untuk "menghemat" penggunaan baterai, dari segi hardware pun sudah banyak beredar powerbank atau baterai dengan daya besar untuk mengatasi kehabisan baterai di saat yang tidak diinginkan. Hal tersebut menunjukkan baterai merupakan hal yang krusial, terutama di laptop. Tentunya kalian ingin laptop bisa menyala selama mungkin tanpa harus repot-repot mencari colokan untuk mengisi baterai. Nah, jika kalian menggunakan Linux khususnya Ubuntu, berikut saya kasih info mengenai aplikasi yang bisa menghemat baterai. Perkenalkan TLP!


Berbeda dengan aplikasi "penghemat" baterai yang lain, TLP tidak mempunyai tampilan GUI yang keren. Aplikasi ini berjalan di belakang layar untuk menghemat penggunaan baterai. Terlebih lagi, TLP memungkinkan kalian untuk mengatur semua aspek untuk penghemat baterai. Intinya, semua dalam kendali Anda!

Menginstal TLP di Ubuntu
Baiklah, kita mulai dengan menginstal TLP di Ubuntu. Ketik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update 
sudo apt-get install tlp
Setelah terinstal silakan restart komputer kalian untuk menjalankan TLP secara otomatis, atau ketik perintah berikut untuk menjalankannya secara manual:
sudo tlp start

Melihat konfigurasi awal
Ketika diinstal, TLP melakukan konfigurasi awal (default) untuk mengatur penggunaan baterai kalian, untuk melihat konfigurasi tersebut ketik perintah berikut:
sudo tlp stat -c


Mengubah konfigurasi
Nah, jika kalian ingin mengubah konfigurasi ini, silakan edit file "/etc/default/tlp" tentu saja dengan root privileges. Sebagaimana yang saya biang tadi, kalian mempunyai kendali penuh terhadap pengaturan penggunaan baterai dengan TLP, seperti kalian bisa mematikan LAN jika kalian sedang terhubung dengan wifi dan sebaliknya, perangkat apa saja yang dinyalakan ketika komputer menyala, mengatur waktu sleep hard-disk, dan sebagainya. Untuk panduan dan informasi lebih lanjut mengenai pengaturan yang ada di file "/etc/default/tlp" silakan lihat di sini.


Setelah kalian selesai melakukan konfigurasi, silakan lihat hasilnya dengan mengetikkan perintah berikut:
sudo tlp stat -c

Mematikan TLP
Terdapat dua macam cara untuk mematikan TLP, pertama dengan meng-uninstal aplikasi ini, kedua dengan mengatur value dari "TLP_ENABLE" yang terdapat di file konfigurasi menjadi 0.


Semoga bermanfaat ;)

3 comments :

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Terima kasih banyak, Kang. Saya baru tahu TLP ini.

walidumar mengatakan...

nice infonya mas :) saingannya si jupiter kyknya

taufiq setiawan mengatakan...

thank you gan sudah ready punya saya

Poskan Komentar